Desain Base Town Hall 10 Terbaik Dan Terbaru Clash Of Clans

Susunan desain pertahanan terbaik TH 10 COC terbaru dan terkuat

Susunan Pertahanan Base Hybrid, Trophy dan War TH 10 Terbaik

Desain pertahanan base TH 10 Clash Of Clans. Bisa dikatakan perlu ketelitian untuk membuat base yang benar-benar efektif baik untuk Base Hybrid, Trophy dan Base War. TH 10 adalah Village terbesar kedua setelah TH 11 namu untuk pertahanan TH 10 tidak kalah kuatnya. Merangkai sebuah konstruksi base tentu tidak membutuhkan keahlian khusus, hanya saja memerlukan sedikit insting. Berapa lama anda menghabiskan waktu selama bermain COC? semakin lama maka insting akan datang dengan sendirinya, anda akan tahu betul bagaimana mengatur serangan juga mengatur formasi pertahanan.

Rekomendasi Artikel:


Bicara soal pertahanan saya telah menyediakan desain base pilihan terbaik untuk TH 10. Anda tidak perlu bersusah payah memikirkan setiap posisi yang tepat untuk penempatan setiap building item, tugas anda hanya perlu memilih kategori di antara ketiga jenis base di bawah ini.

Update: Kami telah menambahkan beberapa desain base terbaru bersama Bomb Tower yang bisa anda temukan di akhir artikel ini. Susunan Base ini telah dikalkulasikan untuk mengurangi persentase kekalahan, dan telah di uji dengan pertarungan level yang setara dengan Defence setidaknya 100%.

Hybrid Base
Hybrid Base Type 1

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 1
Menghadapi segala serangan memang sangatlah menjadi pertimbangan untuk desai base, bukan hanya dilihat dari sisi pertahanan udara, atau untuk bertahan dari unit darat saja. Untuk membuat base yang benar-benar kuat memang membutuhkan kombinasi yang dapat saling mengikat antara bangunan pertahanan. Tugas terpenting adalah bagaimana anda dapat menciptakan formula untuk bisa menangkis baik serangat darat maupun udara dengan sangat efektif. Desain base ini mungkin adalah pilihan yang dapat menemani anda menikmati pertempuran dengan hasil kemenangan. Desain ini memungkinkan musuh tidak dapat mengambil banyak sumber daya anda, juga Town Hall juga adalah yang terpenting dalam hal ini. Town Hall menyimpan beberapa persen dari sumber daya anda dan semua sumber daya dari manapun anda mendapatkannya semua tersimpan disini.

Hybrid Base Type 2

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 2
Base Town Hall 10 ini sangat baik untuk meningkatkan konsistensi pertahanan. Tampungan sumber daya yang diletakan terpisah akan membuat musuh kesulitan merampasnya. Town Hall juga berada di tengah, itu berarti anda memiliki desain yang komplit dimana penempatannya sudah strategis. Bagaimana dengan bangunan defense lainnya? Wizard Tower mengambil tempat di 4 area terpisah, mereka dapat saling mendukung begitu juga dengan formasi 4 Mortar yang efektif melenyapkan unit hitpoint rendah dengan sangat cepat karena kemampuan splash areanya. Tampungan Dark Elixir juga sudah sangat aman. Meskipun berhadapan langsung Town Hall yang lebih tinggi, ini akan menjadi hal yang mudah untuk di atasi.

Hybrid Base Type 3

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 3
Apakah ini menurut anda indah dipandang mata? saya mengajak anda bukan untuk menilai dari segi stylish-nya, tapi dari tingkat pertahanannya. Base ini memiliki pintu untuk masuk di bagian depan dan tampaknya begitu dekat dengan Town Hall. Sebaliknya jika dari belakang Town Hall akan terasa sangat jauh, jadi menurut anda dari mana musuh akan masuk? mereka akan mengalami mimipi buruk jika berusaha menerobos masuk dari depan. 2 Wizard Tower, 5 Archer Tower dan 4 Cannon akan menantikan kedatangan musuh dari area depan, juga dengan dukungan dari X-Bow tepat dibelakang mereka. Ini tidak akan menjadi mudah seperti yang musuh anda lihat. Mereka akan terjebak dan menyesali aksi mereka. Sedikit kelemahan jika musuh hanya berniat mencuri Dark Elixir anda saja, itu mungkin akan lebih mudah dicuri tapi mereka tidak bisa berharap lebih dari itu.

Hybrid Base Type 4

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 4
Desain yang lebar, apakah ini mampu untuk mematahkan setiap serangan. Sebetulnya itu tergantung juga dari level pada setiap bangunan defense anda. Jika sudah mencapai batas maksimun level tentu akan membawa dampak efektif bahkan jika musuh besar seperti Town Hall 11 yang datang berkunjung. Base ini menyimpan pengaruh besar untuk tingkatan pertahanan anda, jika anda ingin menemukan kemenangan maka susunan formasi ini dapat saya rekomendasikan untuk anda. Apa kelebihannya? Dengan menurunkan suatu parade pasukan dari musuh, mereka dipastikan akan fokus mengarah ke pusat base anda, namun jangan anda khawatirkan itu. Base ini bukan asal-asalan, strategi pertahanan ini mampu menahan serangan dari sisi manapun. Setiap bangunan defense saling mendukung untuk mengamankan lokasi.

Hybrid Base Type 5

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 5
Base ini sangat efektif untuk melawan Gerombolan Giant. Spring Traps dan Bomb Giant yang telah diletakan akan mudah untuk menjebak Giant, jika mereka tidak dilempar keluar permainan maka mereka akan disambut oleh Bomb Giant. Posisi Wizard Tower yang baik dengan dukungan X-Bow dan formasi 4 Mortar, akan membuat segalanya menjadi mudah. Air Defense juga membuat peran penting untuk menjadi perisai dari unit udara musuh. Dengan dukungan Air Sweper dan Inferno Tower, unit terbang musuh seperti akan sanat mudah di atasi. Bagaimana dengan sumber daya? ini menjadi pilihan anda, jika ingin bangunan ini anda aman dari curian, maka biarkanlah posisi seperti ini. Strategi pertahanan ini akan mempersulit musuh untuk mengambil lebih dari tampungan Gold dan Elixir yang adalah sumber daya anda.

Hybrid Base Type 6

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 6
Formasi bintang! Jenis base ini bukan untuk gaya-gayaan, tapi sungguh membawa dampak yang sangat efektif untuk menangkis serangan lawan. Menempatkan tampungan sumber daya secara berpasangan (2 unit) pada 4 kolom berbeda merupakan tindakan yang baik, dilindungi oleh kemampuan splash area dari Wizard Tower dan jangkauan tembak yang jauh dari Archer Tower membuat mereka menjadi pasangan yang pas. Air Defense juga berada di satu lokasi bersama mereka, itu berarti merekan saling menutupi kekurangan masing-masing. Kelemahan utama base ini adalah Castle yang mudah untuk dipancing. Saran saya jangan gunakan formasi ini untuk War Battle, dan mintalah paling banyak archer dari Clan anda untuk menjadi pasukan castle anda. Dengan begitu tidak semua pasukan anda dapat dipancing keluar dengan mudah.

Hybrid Base Type 7

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 7
Ini dapat menjadi pilihan anda jika anda ingin mempermainkan musuh anda. Tujuan dari formasi ini adalah untuk membuat pasukan musuh memutari area base, sekalipun mereka dapat masuk, kemungkinan terbesar pasukan mereka tetap akan mengarah lagi keluar. Untuk menghadapi pertahanan ini, musuh harus memiliki kesabaran dan tidak ceroboh sehingga membuat kesalahan. Tapi, mereka hanya memiliki sedikit kesempatan untuk itu. Berada di Master League bukan hal yang susah. Andalkan saja base ini untuk tetap menikmati kemenangan anda pada banyak pertarungan Clash Of Clans.

Hybrid Base Type 8

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 8
Untuk membuat kemenangan anda menjadi nyata, maka susunan antara bangunan pertahanan harus saling terkontaminasi agar semuanya dapat saling mendukung. Contoh untuk base di atas ini, menyimpan sumber daya di bagian tengah bukanlah suatu kesalahan untk Town Hall 10, ini justru akan menjebak lawan dan mereka akan tertekan karena hanya berfokus pada tampungan sumber daya. Anda dapat memanfaatkan kesempatan ini. Kekuatan serangan bangunan pertahanan yang saling terikat akan memudahkan bahkan mempercepat mereka melenyapkan pasukan musuh termasuk musuh yang kuat seperti Golem, P.E.K.K.A dan Valkyrie. Lihat bagaimana X-Bow anda dapat menumpas seluruh serangan dari setiap musuh, mereka juga terlindungi oleh bangunan Gold dan Elixir anda. Jika musuh berencana masuk dari bagian atas base, mereka hanya akan mempunyai kesempatan yang amat kecil.

Hybrid Base Type 9

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 9
Pada beberapa pertandingan War, saya sering berjumpa dengan pemain yang menggunakan desain base ini bahkan dengan tingkat yang setara dengan saya pada urutan battle, ketika pertandingan dimulai saya membawa pasukan darat andalan saya untuk menghadapi musuh dengan tampilan base yang sama dengan base ini. Setelah di uji, ternyata kemampuan base ini memang sangat baik dari kombinasi pertahananya. Jika anda memerlukan suatu perubahan yang derastis dari base anda, maka anda patut untuk mencoba base Town Hall 10 ini. Tidak akan ada keraguan yang tersisa setelah anda mencobanya. Pastikan untuk selalu upgrade bangunan pertahanan hingga ke level up. Ini penting, sebab juga menjadi penentu kefektifan dari base ini. Anda dapat mengubah sedikit dari posisi yang ada, namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan akurasinya.

Hybrid Base Type 10

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 10
Kehebatan base ini jangan ditanya lagi, desain ini bukan hanya sekedar desain tapi benar-benar mampu mengangkat kemampuan bertahanan anda menjadi sesuatu yang layak anda pamerkan. Malindungi Gold dan Elixir bukan masalah besar, mereka di tempatkan terpisah dan dijaga dari masing-masing bangunan pertahanan dengan posisi terbaik. Dominan kombinasi adalah Wizard Tower, Archer Tower dan Mortar berada dalam 1 area. Kemampuan splash area dari Wizard Tower dan Mortar sanggup melenyapkan gerombolan pasukan hitpoint rendah dengan sangat cepat. Lihatlah bagaimana cara anda dapat menarik pelatuk dan menembakannya tepat ke arah musuh, ini akan membuat hal yang sama. Saya pastikan anda akan memberikan pukulan keras bagi setiap musuh yang tour dan mendarat di base anda.

Hybrid Base Type 11

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 11
Apa anda berpikir sesuatu setelah melihat formasi ini? Musuh akan menembus base anda tapi saya yakini itu hanya pada sisi base saja. Mereka dapat masuk, mereka juga dapat keluar, tapi tidak mudah untuk mendekati Town Hall anda. Posisi ini telah di desain sedemikian rupa untuk membuat musuh berpikir apakah mereka sudah mengambil langkah yang tepat sebelum meletakan pasukan mereka. Archer Tower, Wizard Tower dan Cannon berjejer untuk menunggu lawan disana, sementara pasukan musuh akan mengikuti jalur yang telah dibuat untuk memperlambat serangan mereka juga untuk membuat mereka menikmati Bomb Giant dan Spring Traps yang telah di sediakan untuk desain base ini. Dibelakang mereka berdiri bangunan penampung Golda dan Elixir yang akan mencegah dan mengulur banyak waktu untuk lawan memasuki area pusat base, sementara X-Bow dan Inferno Tower terus menyerang mereka.

Hybrid Base Type 12

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 12
Ini terlihat seperi base yang di adaptasi dari base Town Hall 9, pertahanan ini telah jauh ditingkatkan untuk mempertahankan base anda. Tampungan sumber daya diletakan terpisa dengan jarak yang sama. Bangunan ini akan memberikan perlindungan lebih. Untuk posisi Air Defense berada sejajar membentuk kotak dan sudah dioptimalkan untuk melindungi Town Hall anda. Tingkat keefektifannya setelah di adaptasi menjadi naik hingga 50%, coba anda bayangkan bagaimana anda dapat selalu memanfaatkan susunan base ini untuk setiap pertahanan. Kemenangan bukanlah kendala lagi, juga dengan base ini, musuh akan mudah sekali menyerah sebelum menghabiskan seluruh pasukannya.

Hybrid Base Type 13

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 13
Siapa yang tidak ingin agar basenya selalu aman sentosa? baik saya dan anda tentu menginginkan hal ini. Dari sekian banyak base hybrid yang banyak beredar di internet, saya lebih menyerankan ini untuk anda. Kombinasi 4 Mortar dan bantuan dari Wizard Tower memastikan kemenangan anda bawa. Base ini sangat kuat, dengan kombinasi dari bangunan pertahanan ini akan menangkis banyak jenis kombinasi pasukan. Desain juga ini membuat anda leluasa untuk sedikit merubah tampilannya. Serangan yang datang dari sisi manapun hasilnya akan sama saja, musuh akan tetap kesulitan menyerang sebelum akhirnya memutuskan untuk menyerah dan menghentikan serangan. Saya mengajak anda untuk menggunakannya dalam banyak pertempuran, strategi bertahan ini sangat baik untuk anda gunakan.

Hybrid Base Type 14

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 14
Memiliki masalah Town Hall yang sering hancur? bayak musuh yang sering mendapatkan 2 bintang dari base anda? lupakan hal itu dan cobalah base baru ini! jangan menganggap remeh dari tampilannya tapi cobalah analisa bagaimana susunan formasi ini dapat bekerja dengan sangat baik. Inferno Tower diletakan terpisah, ini membuat lawan sulit mnghancurkan 2 Inferno Tower sekaligus, dan X-Bow andapun akan sibuk menyerang mereka tanpa berhenti hingga tidak ada pasukan musuh yang tersisa. Seperti yang terlihat, base ini memberikan anda kekuatan penuk untuk mematahkan setiap serangan lawan, jangan ragu untuk memulainya, silahkan dicoba.

Hybrid Base Type 15

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 15
Base ini seperti membentuk huruf 'L', sesuai dengan yang anda lihat, strategi ini pasti membuat serangan musuh menjadi lemah. Saya penasaran, dan beberapa kali say menguji kehebatan dari base ini. Base ini juga mendukung fitur 4 Mortar dengan Wizard Tower yang melindungi mereka di masing-masing lokasi. X-Bow akan terasa sangat berguna dari base ini, mereka akan menyerap banyak hitpoint musuh dan memberikan perlawanan yang terkesan. Jika anda telah memutuskan bagaimana langkah anda selanjutnya, maka sebaiknya gunakan saja desain base ini. Ketika musuh musai masuk dari salah satu sisi, mereka sulit untuk mengarah ke tengah, besar kemungkinan bahwa pasukan musuh akan mengikuti jalur sesuai yang saya katakan tadi, huruf 'L'. Silahkan dicoba!

Hybrid Base Type 16

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 16
Strategi terbaik untuk melemahkan serangan lawan adalah dengan membuat formula kombinasi bangunan pertahanan yang dapat saling memberikan dukungan. Dalam setiap susunan base, anda tidak disarankan menempatkan bangunan defensif yang hanya bekerja sendiri-sendir. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, rangkaian dalam base anda setidaknya menjadi begini.. 1 bangunan defensif terlindung oleh 2 bangunan defensif, dan begitu seterusnya. Strategi ini memungkinkan pertahanan anda menjadi sangat sulit untuk ditembus. Lihat bagaimana base di atas ini terbentuk; kombinasi 4 Mortar yang masing-masing mempunyai deck-nya. Satu unit Mortar mendukung serangan Archer Tower, karna kemampuannya yang tidak dapat menargetkan unit udara, maka setiap unit Mortar didukung oleh Air Defense, dan mereka yang saling mendukung dilindungi juga oleh X-Bow yang memiliki jarak tembak yang luas.

Hybrid Base Type 17

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 17
Base ini akan memungkinkan pasukan musuh terpecah hingga mereka lemah untuk menyerang. Yang terpenting dari base ini adalah untuk menjebak unit pendukung mereka, itu adalah inti sasaran utama anda. Bila mereka terpecah, maka tidak ada lagi pelindung untuk unit pendukung musuh. Setelah mereka diatasi, maka untuk melenyapkan pasukan perisai musuh hanyalah masalah waktu. Base Town Hall 10 ini sangat baik dalam mengurus pekerjaannya, ini akan mampu membuat musuh kebingungan hingga tidak fokus menempatkan pasukannya. X-Bow dan Inferno Tower ditugaskan khusus untuk melindungi Town Hall anda. Saya menyarankan anda mengisi Castle anda dengan Dragon atau Valkrye yang sangat cocok untuk strategi pertahanan ini.

Hybrid Base Type 18

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 18
Pilih sumber daya atau Town Hall? Apapun pilihan anda tidak berpengaruh untuk base Town Hall 10 terbaik ini. Town Hall anda dikelilingi oleh penampung sumber daya membuatnya sangat aman, tahan terhadap serangan sebab bangunan yang mengelilinginya ini sangatlah keras dan membutuhkan waktu yang lebih lama dari bangunan lainnya seperti bangunan-bangunan kolektor, barak dan lainnya. Supercell memang memberikan perhatian khusus untuk tampungan sumber daya sebab dari sinilah anda akan mulai membangun atau melakukan upgrade. Kombinasi dari 3 X-Bow yang membentuk pola segitiga dapat saling memberikan dukungan antara bangunan defensif lainnya. Santailah dan biarkan formasi base ini yang bekerja untuk anda.

Hybrid Base Type 19

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 19
Mungkin ini salah satu yang terbaik! desain base ini membentuk pola pertahanan yang efektif dan kuat. Penampung sumber daya yang ditempatkan terpisah membuatnya sulit untuk dicuri, disisi lain bangunan ini juga adalah bagian dari pertahanan anda. Hidden Tesla berdiri tegak dan membentuk formasi untuk melindungi tampungan dark elixir, Town Hall akan sangat diamankan dengan Inferno Tower, X-Bow, formasi 4 Mortar dan dukungan Air Sweeper untuk mendorong unit udara musuh. Rangkaian yang sempurna juga ditemukan dari bangunan defensif lainnya. Ini akan menjadi bagian terbesar untuk mencapai kemenangan anda.

Hybrid Base Type 20

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 20
Kali ini yang berteduh tepat pada pusat base adalah Town Hall, penampung Dark Elixir, Castle dan juga salahsatu Hero terbaik (Archer Queen). Saat bangunan defensif anda sedang membutuhkan dukungan pertahanan, disitulah isi Castle ini akan sangat di andalkan. Untuk unit bantuan sebaiknya anda meminta Baby Dragon atau penuhi itu dengan Archer dan Barbarian. Mengapa Inferno Tower tidak berada di dalamnya? Ini adalah strategi, dan bukan dimaksudkan sebagai umpan. Karna base ini sempit, saya memisahkan keduanya di lokasi berbeda. Ini akan mencegah musuh mudah menghancurkan keduanya sekaligus. Musuh kemungkinan akan datang dari sisi yang paling dekat dengan Town Hall anda, jika begitu, mereka tidak akan mencapai penampung Dark Elixir anda. Juga, saya telah memasangkan 2 Bomb Giant, meskipun tidak dapat membunuh mereka langsung, namun ledakan ini sangat berarti.

Hybrid Base Type 21

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 21
Dilihat dari sisi manapun base ini cukup sepurnah untuk anda gunakan. Menjaga Town Hall dan Castle dengan Inferno Tower yang didukung oleh Wizard Tower dengan posisi yang tepat. Ini merupakan kombinasi yang patut anda pertimbangkan sebagai langkah anda selanjutnya untuk tetap mempertahankan base anda, menghindar dari pencurian sumber daya dan Town Hall yang adalah pokok utamanya. Seperti biasa, dominan pemain akan menyerang dari sisi yang terdekat dengan Town Hall, sebab itulah target utamanya. Saya sudah memperkirakan itu sebelumnya. Agar mencegah hal buruk terjadi, saya menempatkan Bomb Giant di sisi yang dekat dengan Town Hall, musuh mungkin akan menyadarinya namun sulit untuk menghindar. Dengan menjebak musuh anda, mereka akan pulang dengan tangan kosong setelah mengunjungi base anda.

Hybrid Base Type 22

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 22
Anda mungkin sering menemui jenis base seperti ini, ya biasanya base jenis ini telah ada desainya mulai dari Town Hall 8 keatas. Base ini benar-benar mempertahankan Town Hall dari kehancuran. Strategi pertahanan ini adalah dengan membuat jalur hanya pada bagian sisi base, ini akan menyulitkan musuh dan sulit untuk mengarah masuk ke bagian tengah base. Anda mungkin akan ehilangan sebagian sumber daya anda namun tidak akan mudah musuh untuk menyentuh sisanya seperti penampung Dark Elixir, Castle, Inferno Tower, X-Bow dan tentu saja Town Hall. Menariknya, anda akan melihat bagaimana pasukan musuh memutari sisi base ini, mereka tidak akan berhenti untuk bergerak, bahkan tidak memukuli dinding sama sekali.

Hybrid Base Type 23

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 23
Sedikit tips untuk anda. Apa anda sangat menyukai Clash Of Clans? Berapa lama waktu yang anda habiskan dari hari pertama anda memainkan game ini? jika anda memang penggila Clash Of Clans, maka tentu anda tidak ingin menyerahkan akun secara cuma-cuma pada orang-orang yang sekarang telah banyak menggunakan metode 'phising' yaitu merampas paksa akun COC dari tangan anda. Sebenarnya hal ini tidak pernah akan terjadi, itu tergantung bagaimana kita dapat merawat akun ini dan tidak membagikannya ke sembarang tempat. Sebenarnya untuk apa mereka mencoba mencuri akun COC dari tangan sang pemilik? itu pertanyaan yang mudah! Seperti yang kita ketahui, dari dulu hingga sekarang banyak yang melakukan stransaksi jual beli akun COC dan biasanya anda akan menemukannya di grup facebook atau forum-forum lainnya, dan transaksi ini sangat banyak sekali juga masih sering dijumpai hingga sekarang.

Hybrid Base Type 24

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 24
Lantas apa hubungannya dengan pencurian akun COC? tentunya kita sudah dapat menebak, untuk apa mereka mencurinya. Akun COC yang dicuri akan diperdagangkan di tempat-tempat yang saya sebutkan di atas. Transaksi ini biasanya hanya melalui online, dan tidak sedikit pula yang kena tipu. Bayangkan, ada banyak sekali akun COC yang berhasil dicuri dengan metode 'Phising' ini. Wah sayang sekali, apalagi bila anda telah mencapai Town Hall 10. Bayangkan juga kerugian yang anda dapati, bukan biayanya tapi pengorbanan selama 1 - 2 tahun untuk mencapai Town Hall 10 hilang begitu saja diambil orang. Bagaimana mereka dapat melakukan hal itu? apa anda sudah tau apa sebenarnya 'Phising' itu? sebenarnya untuk merampas akun dari seseorang tidak hanya melalui metode ini saja, masih ada beberapa cara lainnya tapi cara ini yang paling sering di temukan di internet dan orang yang dijebakpun tidak dapat menyadariya, itu adalah suatu kebodohan.

Hybrid Base Type 25

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 25
Anda mungkin sering menemukan (biasanya di media sosial), ada orang yang share sebuah tautan / link bersama kalimat seperti ini; ingin gems gratis? COC bagi-bagi gems gratis, dan lain sebagainya. Bagi orang yang bodoh pu tentu akan langsung tergiur dengan hal tersebut. Dominan mereka yang malas dan hanya ingin cepat, cepat, dan cepat, merekalah yang paling sering kehilangan akun. Ketika mereka yang sudah tergiur, mereka akan mengikuti tautan / link menuju ke situs web yang di arahkan, biasanya pemilik situs menaruh gambar latar atau teks yang berhubungan dengan Clash Of Clans, dan itu adalah tipuan, tanpa mereka sadari, mereka telah dijebak. Disana anda mungkin akan melihat kata-kata sambutan yang telah disediakan misalnya "ini adalah hari keberuntungan anda, untuk menerima 1000 gems gratis ini silahkan login menggunakan akun Clash Of Clans anda", kurang lebih seperti itu.

Hybrid Base Type 26

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 26
Ketika anda melanjutkan, anda akan di alihkan ke laman baru yang nantinya akan anda gunakan untuk memasukan email dan password yang terkait dengan akun COC. Saat anda melakukan login, disitulah data anda akan dikirim ke pemilik situs dan dalam beberapa saat, anda akan kehilangan akun. Kini anda telah mempelajari bagaimana metode phising ini bekerja, terkadang mereka juga menampilkan laman seperti gems generator yang fungsinya untuk mengatur gems sesuai yang anda inginkan tapi sekali lagi, itu hanyalah tipuan untuk membuat anda tergiur. Perjungan yang anda lakukan selama memainkan Clash Of Clans pun akan sia-sia jika anda mudah tergiur dengan hal-hal semacam ini. Sebaiknya jangan mudah untuk ditipu, pihak supercell tidak pernah membagikan gems secara cuma-cuma kecuali itu didapatkan dari gems box yang anda temukan saat memainkan COC atau ikut dalam kompetisi yang di adakan secara resmi oleh Supercell, itupun anda harus cermat mengeceknya.

Hybrid Base Type 27

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 27
Selanjutnya saya akan mmberikan tips agar anda dapat bermain selamanya dengan akun COC anda hingga mencapai Town Hall 11 yang adalah level tertinggi (saat ini). Untuk menghindari hal seperti itu, pastikan anda tidak mudah percaya dengan orang-orang yang membagikan tautan / link yang menuju ke laman situs yang menyuruh anda untuk login menggunakan email dan password yang dikaitkan dengan akun COC anda. Ini adalah dasar dari semuanya. Berikutnya, buatlah alamat email atau nomor telepon pemulihan untuk email yang anda gunakan di akun COC anda. Caranya anda harus login ke akun Google anda menggunakan email itu sendiri. Saat anda berada di dasboard akun google anda, cari Info dan Privasi Pribadi, itu adalah pengaturan umum yang harus anda lakukan. Setelah itu pilih Info Pribadi anda. Karna anda akan mengubah pengaturan email anda, masuk ke menu Email.

Hybrid Base Type 28

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 28
Jika sudah selanjutnya anda pilih Tambahkan Email Pemulihan, masukan alamat email pemulihan jika anda memiliki email cadangan. Berikutnya gunakan fitur verifikasi 2 langkah, ini akan memberi anda keamanan ekstra, dimana seseorang akan diminta mengverifikasi akun sebelum dapat masuk di perangkat yang tidak dikenal sebelumnya. Google akan mengirim kode secara langsung di perangkat mobile anda yang terdaftar (perangkat utama) untuk kemudian diteruskan di perangkat yang baru agar dapat digunakan untuk mengakses akun Google anda. Untuk lebih jelasnya anda daat mengunjungi laman ini; Cara Membuat Sandi / Password Yang Kuat di Akun Google. Dengan melakukan cara itu, maka akun anda 100% akan aman dari tindakan pencurian, meskipun anda terjebak 'phising' sekalipun.

Hybrid Base Type 29

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 29
Tips itu sangat singkat dan mudah untuk dijalankan, anda hanya perlu melakukan beberapa langkah dan akun COC anda akan aman selamanya. Ya, itupun jika anda tidak mencoba membagikannya pada orang lain. Menyesalinya tidak akan mengembalikan sesuatu, maka jadilah pemain Clash Of Clans yang pandai dan cermat, tidak hanya sekedar memgang perngkat android anda untuk memainkan game ini. Dengan keringan dan perjuangan panjang tentunya anda tidak ingin mereka mengambilnya secara cuma-cuma. Untuk saran yang lain, jika anda pengguna xmod, sebaiknya jangan mempertontonkan aksi anda saat menggunakan fitur mod di tempat umum (dunia maya) seperti di grup atau forum pada sosial media. Lakukan dari sekarang untuk menghindari semua hal buruk agar anda selamanya dapat bermain Clash Of Clans dengan strategi-strategi yang anda sukai.

Hybrid Base Type 30

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 30
Base ini memiliki pintu masuk di bagian depan, tidak terlalu lebar tapi cukup untuk membawa masuk gerombolan pasukan musuh. Strategi ini akan memancing musuh masuk dari bagian depan, ya banyak pemain biasanya menyerang dari bagian sisi yang lebih dekat dengan Town Hall, anda akan menemukannya disini! Mereka akan mulai menyerang tanpa menyadari apa yang yang nantinya menjadi bencana. Ketika mereka masuk, mereka akan berhadapan dengan 2 Cannon kemudian dibelakangnya Archer Tower. Keempat bangunan pertahanan ini cukup baik untuk mengurangi hitpoint pasukan perisai musuh sebab tidak mungkin mereka menyerang tanpa unit perisai jika mereka menargetkan Town Hall dan penampung Dark Elixir anda. Ketika mereka masuk dan menghancurkan 4 bangunan pertahanan ini, selanjutnya pasukan periai musuh akan terus berjalan ke arah kiri atau kanan atau di kedua arah. Unit pendukung musuh yang menargetkan apapun yang ada di depannya mereka akan terus maju ke arah Hero karena mereka senang bermain-main dengan Hero. Setelah melenyapkan kedua Hero and, pasukan ini mungkin akan ditarik perhatiannya oleh Hidden Tesla dan mencoba untuk menghancurkannya. Ketika mereka menempel ke dinding yang membungkus Town Hall dan Hidden Tesla maka Bomb Giant akan meyambut mereka dengan hangat.

Hybrid Base Type 31

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 31
Lagi-lagi saya merekomendasikan base ini untuk anda. Dilihat dari posisinya, kemungkinan besar musuh akan masuk dari bagian belakang base anda. Jika dia melihat penampung Dark Elixir anda penuh maka disitulah dia akan masuk. Ketika pasukan musuh mulai masuk, mereka akan disambut oleh 1 Archer Tower dan 2 Cannon di barisan depan, Wizard Tower akan mengambil alih untuk membantu melenyapkan unit hitpoint rendah dengan sekali serang dari kemampuan splash areanya. Jangan lupa, Mortar yang berada didekatnya juga memiliki kemampuan yang sama. Saya menyarankan anda untuk mengatur X-Bow pada Ground Mode agar dia dapat menyerang dengan jarak yang jauh lebih luas dari pada mengaturnya pada Ground dan Air Mode, lagi pula musuh biasanya sudah jarang menggunakan unit udara untuk menyerang Town Hall level tinggi seperti Town Hall 10 ini. Untuk kelancaran pertahanan, mintalah pasukan untuk mengisi Clan Castle anda.

Hybrid Base Type 32

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 32
Base ini menyimpan banyak kejutan untuk musuh anda. Dari sisi manapu mereka masuk, hasilnya akan sama. Jika saja dalam pertandingan sebelumnya anda sering kalah, maka base ini adalah solusinya. Kekuatan yang tersimpan didalamnya lahir daro kombinasi bangunan pertahanan yang saling memberikan dukungan serangan untuk pasukan musuh yang datang. Tampungan sumber daya menjadi bendungan yang keras sehingga unit musuh harus mengambil waktu yang lebih lama untuk menghancurkannya. X-Bow, Inferno Tower, Hidden Tesla, Castle dan 2 Hero terbaik berada pada pusat base untuk memberikan pertahanan kuat agar pasukan musuh tidak dapat menyentuh Town Hall anda. Hampir tidak ada bangunan yang tersisa di luar dinding base, hanya ada 4 saja yaitu Army Camp. Ini berarti ada banyak sekali bangunan yang harus musuh anda hancurkan secara berurutan dan itu adalah yang menjadi kesempatan anda dimana bangunan defensif anda memiliki waktu yang lebih banyak untuk melenyapkan mereka semua.

Hybrid Base Type 33

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 33
Base ini sering digunakan dalam kondisi dan pertandingan apapun baik Hybrid, War, dan Trophy. Kebanyakan pemain merasakan hal yang sama dengan memanfaatkan lebarnya ruang dari base ini. Kombinasi 4 Mortar bukan hanya menjadi penghias saya, tapi benar-benar efektif menghancurkan musuh. Wizard Tower juga memiliki ruang yang luas untuk mengeluarkan kemampuan splash areanya. Ini adalah kesempatan menarik, setiap bangunan pertahanan terutama Archer Tower dan cannon sangat diperhitungkan untuk melemahkan hitpoint pasukan musuh. Anda tidak hanya akan beraksi tapi juga menjadi saksi kehebatan base yang sangat kuat ini. Untuk menghindari kerusakan besar jika musuh memakai Bowler dan Healler, mintalah Dragon untuk mengisi Castle anda, pasukan terbang ini akan jauh lebih baik dari yang lainnya sebab Bowler tidak dapat menyerang unit udara.

Hybrid Base Type 34

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 34
Sumber daya adalah salah satu yang terpenting yang harus anda lindungi, ini berhubungan dengan upgrade COC anda. Tanpa sumber daya dari mana anda bisa membangun unit dengan level yang lebih tinggi. Untuk itu, Gold, Elixir dan Dark Elixir menjadi hal yang penting. Base ini dapat membantu anda dalam banyak hal termasuk melindungi harta yang telah susah paya anda kumpulkan. Inferno Tower dan X-Bow sangat berperan penting dalam setiap serangan yang muncul, mereka berlindung di balik tampungan sumber daya namun juga menjadi senjata utama anda. Musuh tidak bisa lagi berharap lebih untuk mencuri harta anda di Town Hall 10 ini, jika mereka paksakan itu hanya akan membawa kerugian yang sangat besar. Jangan sedikitpun terlintas keraguan, silahkan dicoba!

Hybrid Base Type 35

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 35
Base ini juga sangat kuat, hanya saja musuh akan mudah tergiur untuk mencuri tampungan Dark Elixir anda. Jika anda tidak menyukainya anda dapat memindahkannya atau menaruh beberapa Bomb Giant didepannya untuk menjebak lawan. Ketika pasukan musuh datang, mereka akan menerima ledakan yang akan menurunkan banyak hitpoin pada unit perisao seperti Golem atau P.E.K.K.A.. Sementara itu, X-Bow dan Inferno Tower akan mengeluarkan serangan mematikan mereka. Perlu anda ketahui, Inferno Tower tidak hanya memiliki kemampuan kerusakan yang tinggi dan cepat, tapi menara ini juga bisa memblokir semua efek penyembuh dari Healer dan Healing Spell. Tampaknya ini selalu akan menjadi kendala untuk pasukan seperti Giant sebab mereka tidak cukup kuat seperti Golem dan P.E.K.K.A.

Hybrid Base Type 36

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 36Tips untuk membangun base COC supaya defense maksimal mutlak direncanakan dengan sangat baik jika anda ingin Town Hall anda terutama resource village kamu aman. Tips ini tidak 100% akurat jika anda kebetulan diserang pemain yang level-nya jauh lebih kuat dari Town Hall anda saat ini, tapi setidaknya tips ini dapat banyak membantu. Base COC yang defense-nya maksimal sesuai dengan level Town Hall kamu akan membuat pemain lain mikir panjang sebelum mulai men-deploy troop mereka. Dan seandainya pun mereka jadi menyerang, mereka akan terkejut dan jengkel sebab base CoC kuat dan menjebak yang kamu punya. Dan kamu akan tersenyum bangga melihat ada penyerang dengan pasukan yang jauh lebih kuat ternyata tidak berhasil mendapat loot yang besar dari village kamu. Kalau kamu search di internet untuk mencari tips membangun base CoC supaya defense maksimal, maka kamu akan menemukan banyak sekali. Tidak terlalu rumit juga sebenarnya. Asal kamu terapkan beberapa tips untuk membangun base CoC yang kuat di bawah ini, kamu tidak akan mengalami kesulitan.

Hybrid Base Type 37

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 37
Kita bisa kelompokkan senjata pertahanan di Clash of Clans menjadi beberapa kelas. Yang paling kuat adalah X-Bows dan Inferno. Dan yang baru-baru ini muncul ada Eagle Artillery yang baru bisa dibangun ketika Town Hall kamu mencapai level 11. Kemudian ada Mortar dan Wizard Tower yang cocok untuk mengawasi dan menjaga area yang lebih luas. Berikutnya, kita punya Tesla, Archer Tower, Air Defense, dan Canon. Mereka sebaiknya ditempatkan mengelilingi bangunan yang penting. Tipsnya begini; tempatkan senjata yang kuat di tengah atau mendekati bangunan terpenting, yaitu Town Hall. tempatkan senjata dengan jangkauan tembakan bisa saling melindungi. Tesla, Archer Tower, dan Cannon ditempatkan mengelilingi bangunan. Tempatkan Mortar dalam pola segitiga atau segi empat dalam jarak jangkauan tembakan. Wisard Tower bisa diletakkan dalam satu garis

Hybrid Base Type 38

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 38
Wall yang levelnya tinggi mau tidak mau akan membuat pemain lawan berpikir panjang sebelum mereka meletakan pasukannya. Belum lagi kalau mereka melihat kamu menggunakan tembok bukan cuman untuk melindungi bangunan tapi juga menggiring troop penyerang masuk ke dalam perangkat. Jadi, pertama, jangan pelit untuk menggunakan gold dan elixir anda untuk mengupgrade wall. Dan kedua, rancanglah penempatan wall yang bisa memaksa troop lawan untuk mengikuti path yang anda buat berikut dengan penempatan bom dan traps. Yang bisa kamu ingat adalah bahwa Giant cenderung menyerang Air Sweeper terlebih dahulu, baru kemudian Air Defense. Senjata yang lain akan diserang berikutnya dengan prioritas berdasarkan jarak terdekat. Jadi, jika misalnya anda bisa membangun tembok yang penempatan senjatanya pas, berikut dengan traps-nya, Giant musuh bisa kamu kurangi sampai maksimal. Dinding pertahanan yang kuat sangat berpengaruh pada hasil pertempuran base anda.

Hybrid Base Type 39

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 39
Kalau sudah bermain CoC lumayan lama, kamu tentu tahu ada pemain CoC yang membangun base-nya dengan membuat seolah-olah terbuka dan mudah diserang. Dan ternyata ketika kamu mulai deploy troops, jebakannya sangat efektif menghancurkan troop kamu. Jadi, kamu juga bisa membangun yang seperti itu. Berdasarkan pengalaman anda , perkirakan sisi mana yang mungkin akan terlihat sebagai sisi paling lemah dari base CoC kamu. Dan di situlah sebaiknya jebakan di tempatkan dengan tepat. Coba-cobalah sampai dapat yang paling optimal. Bomb bisa ditempatkan di dekat senjata yang kuat atau di dekat gudang Gold dan Elixirs. Efek yang dihasilkan dari bomb terhadap Giant itu tidak seberapa. Lebih efektif untuk menjebak Goblin dan Hog Rider. Ini adalah strategi umum dalam pertahanan.

Hybrid Base Type 40

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 40
Kebanyakan pemain CoC yang masih baru, menempatkan gudang Gold dan Elixir berdekatan atau berada dalam satu lingkaran wall. Ini terlihat simple dan mudah dilakukan. Alasannya karena kita akan lebih mudah menempatkan senjata untuk melindungi mereka. Nyatanya ini bukan hal yang bagus. Dengan tampungan yang dibangun berdekatan atau dalam satu lingkaran wall, artinya sekali ada wall yang ditembus maka troop lawan akan bisa masuk dan menghancurkan semuanya. Lagipula, kalau gudang terlalu berdekatan, simpanan Gold dan Elixir kamu bisa dicuri dengan serangan Petir. Maka coba sebar penempatan gudang minimal menjadi 4 tempat dengan dilindungi senjata yang ada. Khusus untuk tampungan Dark Elixir, tempatkan di tengah, sendirian, dikelilingi wall. Dan lindungi dengan maksimal.

Hybrid Base Type 41

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 40
Beda saat beberapa waktu yang lalu, dimana Clan Castle sebaiknya berada di tengah, sementara Town Hall ditaruh luar wall (farming base). Dengan harapan pemain lawan akan cukup puas ‘mengalahkan’ village kamu dan tidak berlanjut menyerang gudang kita. Di update CoC terbaru, ini tidak lagi bisa kita terapkan. Sekarang, kalau TH hancur, tidak otomatis kita dapat perlindunga selama 12 jam lagi seperti dulu. Jadi sebaiknya tempatkan Town Hall dan Clan Castle di tempat yang paling terlindung. Tips lainnya adalah; usahakan satu penampung saja yang penuh. Misalnya, kalau Gold lagi banyak, minimalkan simpanan Elixir, dan sebaliknya. Kenapa? Supaya musuh menjadi bimbang untuk menyerang, Karena menang pun dapatnya sedikit. karena lebih mudah mengumpulkan Gold dari pada Elixir, sementara fokuslah membangun senjata sampai maksimal dengan Gold, baru kemudian membangun resource.

Hybrid Base Type 42

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 42
Tips agar tampungan Gold dan Elixir Aman Ketika Diserang Musuh. Berapa lama main COC? Wah, Town Hall-nya sudah pada tinggi-tinggi ya? Atau mungkin masih level rendah? tidak apa-apa, lama-lama juga besar kog. Masalahnya relatif lama, tergantung seberapa sering anda online atau jika memiliki uang lebih, anda dapat membeli gems untuk mempercepat pembangunan, bagi saya peribadi itu tidak disarankan. Pemain yang memainkan game ini dari awal dengan usaha sendiri berbeda dengan mereka yang hanya mengandalkan gems untuk mempercepat upgrade mengapa? mereka yang bermain tanpa mengandalkan gems jauh lebih berpengalaman atau katakanlah lebih pakar tentang strategi baik menyerang maupun bertahan dari pada mereka yang hanya mengandalkan gems, so up to u. Sambil menunggu Town Hall desa Clash of Clans anda besar, kita harus menunggu beberapa lama. Dan tentu ketika menunggu inilah, desa kita bisa diserang musuh. Berkuranglah simpanan gold, elixir, dan juga dark elixir yang sudah kita kumpulkan pelan-pelan itu dalam sekejap.

Hybrid Base Type 43

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 43
Bagaimana cara supaya gold, elixir, dan juga dark elixir kita bisa lebih aman ketika diserang musuh? Buat para mastah, tentu sudah pada tahu cara meminimalkan kerugian ketika village kita diserang. Perasaan yang sangat jengkel dan sedih juga, sudah beberapa lama mengumpulkan harta, ternyata hanya di ambil begitu saja dengan sangat mudah. Ada beberapa cara yang kita bisa lakukan untuk menghemat atau mengurangi kerugian akibat diserang musuh. Beberapa tips berikut ini sudah sering dibicarakan para pemain COC senior. Saya sih masih abal-abal.Tips Mengamankan Resources di COC. Letakkan Town Hall diluar tembok. Lakukan ini ketika misi utama kamu adalah untuk menghemat resource (penampung gold, elixir dan dark elixir). Tapi jangan dilakukan ketika kamu sedang mengejar achievement menang dari serangan musuh. Mengapa meletakkan Town Hall di luar tembok bisa mengurangi resiko kehilangan banyak resource? Karena banyak juga diantara pemain COC yang hanya mengejar trophy / piala. Jadi cukup dengan menghancurkan Town Hall saja dia sudah mendapatkan trophy. Ketika kamu kalah dengan hanya kehilangan Town Hall, maka anda hanya akan kehilangan 1000 gold, dan 1000 elixir saja. Ketika Town Hall terletak di tempat yang sangat terlindung, di tengah dengan dikelilingi senjata pertahanan misalnya, maka lawan yang kuat tetap saja menerobos. Dan kerugian kita bisa terlalu besar untuk ditanggungkan.

Hybrid Base Type 44

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 44
Jangan meletakkan beberapa storage berdekatan. Mengapa? Ya karena satu tembok jebol, habislah sudah. Selain itu, bisa juga dengan mudah diserang dengan petir itu. Kalau jaraknya agak berjauhan kan lebih aman. Yang paling rentan biasanya adalah Dark Elixir Storage. Kumpulkan jebakan dan bom di tempat yang tidak dilalui musuh. Town Hall sudah diluar, jadi mau kita adalah untuk meminimalkan kemungkinan musuh membabat habis desa kita. Barangkali dia akan cukup puas dengan menghancurkan Town Hall. Masalahnya, banyak dari pemain COC yang setengah hati melakukannya. Seperti yang pernah saya lakukan juga, yaitu dengan memasang perangkap masih ditambahi bom di dekat Town Hall yang kita taruh luar tadi itu. Hasilnya, musuh hanya memang sedikit, Town Hall hancur atau selamat tidak banyak berpengaruh, yang jelas kita akan kehilangan banyak gold sebagai biaya untuk memperbaiki bom dan jebakan tadi. Kalau bomb-nya sudah level tinggi, biayanya juga lumayan besar. Ingat, jangan menempatkan ranjau dan bom dekat Town Hall. Lalu untuk apa jebakan dan bom tadi? Mereka akan lebih banyak berguna ketika kita melakukan war. Dimana kita harus menang tanpa ngitung berapa banyak biaya untuk perbaikan bom dan ranjau lainnya seperti Spring Traps dan lainnya termasuk perangkap udara.

Hybrid Base Type 45

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 45
Usahakan membangun tembok mengelilingi setiap storage. Dengan begitu, storage akan lebih sulit diserang. Jadi gold, elixir, dan dark elixir kita tidak mudah dicuri. Meski akan mahal, usahakan wall-nya di upgrade sampai setinggi yang kota kamu bisa lakukan. Tempatkan storage, gold mine, elixir collector, dan dark elixir drill di tempat yang tidak terjangkau oleh archer dari sisi luar wall. Ini memang menantang. Kalau village kita sudah lumayan besar, kadang terasa sulit menempatkan mereka di posisi yang aman dari jangkauan musuh yang memakai Archer dan Archer Queen. Tapi cobalah menata ulang penempatannya. Kira-kira itu adalah cara agar tampungan gold, elixir, dan dark elixir kita lebih aman ketika diserang musuh. Jika anda mendapatkan trik lain, jangan ragu untuk melakukannya, lakukan saja yang menurut anda tepat.

Hybrid Base Type 46

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 46
Apa anda pernah mengalami "COC Login failed please try again later"? Bagaimana cara mengatasi error COC tidak bisa login seperti ini? Pasti anda akan menunggu beberapa menit sebelum mencobanya lagi, dilihat dari "Please try again later…" Ada sih yang berhasil masuk lagi dengan lancar tanpa ada peringatan COC login failed lagi. Tapi kebanyakan malah masih gagal. Sudah coba mengulang berkali-kali tetap saja gagal login COC. Kalau sedang main biasa, dan tidak sedang mengikuti war, tentu masalah COC Login failed please try again later ini tidak begitu gawat. Tapi bagaimana jika clan anda sedang war, bisa jadi masalah besar. Yang pertama, kita bisa kalah war. Ok, tidak apa-apa kalah. Setelah kalah itu masalah utamanya muncul. Kenapa? Karena tidak semua anggota clan mau tahu keadaan kita yang sedang tidak bisa login COC. Pada saat seluruh anggota clan yang lain berjibaku menjalankan war mereka padahal kita tidak menyerang karena gagal login. Ada saja yang tidak terima.

Hybrid Base Type 47

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 48
Di beberapa clan yang pernah saya ikuti, rata-rata punya peraturan yang ketat ketika clan sedang menjalankan war, salah satunya, harus melakukan war. Kalau tidak ikut menyerang, kita bisa dikeluarkan dari clan. Tidak peduli kontribusi yang sudah kita berikan sebelumnya. Namanya aturan ya harus ditegakkan oleh semua. Jadi resiko masalah COC Login failed please try again later ketika clan sedang war itu besar implikasinya. Buat yang pernah dikeluarkan dari clan gara-gara masalah semacam ini, tentu anda bukan satu-satunya orang yang merasakan hal itu. Dan kalau anda lumayan lama di sebuah clan, sudah banyak berkontribusi terhadap anggota yang lain, mereka juga sebenarnya berat hati melepas kepergianmu :). Cuman ya itu aturannya.

Hybrid Base Type 48

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 48
Baik, kembali ke masalahnya yang tadi. Sebelum kita lihat cara mengatasi COC yang gagal login, sebaiknya kita lihat dulu faktoryang menjadi alasannya. Penyebab gagal login (tidak bisa masuk). Ini perkiraan saya saja, tidak ada jaminan apa yang saya tuliskan berikut ini benar, namun ini mungkin dapat menjadi asumsi. Pertama uji coba konektivitas internet anda dengan aplikasi online lainnya, kemungkinan koneksi internet tidak lancar. Karena tidak lancar, COC akan terus menerus berusaha login. Mungkin karena terlalu banyak dalam waktu relatif singkat, kita jadi dianggap sedang PING saja. Kedua, koneksi internet dianggap tidak aman. Bukan karena banyaknya kita mencoba login, tapi memang koneksi internet yang dipakai tidak aman. Bisa karena sertifikasi keamanan yang sedang bermasalah. Tapi ini juga ada hubungannya dengan konfigurasi IP dan DNS yang dipakai. Ketiga, koneksi internet dengan shared IP. Seperti yang anda tahu, setidaknya, ada dua provider internet di Indonesia yang memakai shared IP. Tri dari jaringan GSM, dan Smartfren dari CDMA. Shared IP membuat server melihat ada banyak sekali koneksi yang bersumber dari satu IP. Bukan tidak boleh, tapi itu jadi indikasi ada yang tidak beres dengan penggunanya. Siapa? Kita. Masalahnya, kita terpaksa menggunakan shared IP yang diberikan provider. Jangan kaget ya, yang saya lakukan untuk mengatasi masalah tidak bisa login COC ini sederhana sekali. Ganti internet provider.
Hybrid Base Type 49

Susunan formasi pertahanan terkuat untuk Base TH 10 di COC 49
Tidak seperti biasanya, kemarin itu, pertama kalinya saya main COC dan muncul pop up gagal terhubung seperti ini. Jelas membingungkan. Meski tidak sedang war, tapi saya cukup kaget dengan hal seperti ini. Mungkin karena terpengaruh dengan hujan diluar yang terhitung sangat deras disertai dengan angin dan kilat, membuat jaringan agak kacau. Padahal, untuk mengakses internet ketika mencari tahu bagaimana mengatasi tidak bisa login COC ini lancar-lancar saja, meski memang agak lambat. Di salah satu hasil pencarian saya itu, ada informasi mengenai shared IP yang membuat lalu lintas data operator menjadi sangat tinggi. Dan itu artinya tidak aman. Kemudian, saya pindah koneksi-nya dengan menggunakan kartu lainnya. Tidak lagi melalui server yang pertama. Dan hasilnya saya langsung bisa login COC dengan baik dan sempurna. Apakah ini kebetulan? Saya kira tidak. Karena setelah saya coba kembali memakai Tri, masalah login failed ini kambuh lagi. Kesimpulannya, mungkin kamu tidak bisa login COC karena memakai koneksi punya Tri atau Smartfren yang memakai shared IP itu. Jadi coba dulu pindah ke operator lain. Itu saja sih. Antisipasi masalah COC tidak mau login, Usahakan akun COC anda dikaitkan dengan Google+. Jadi, jikapun sedang tidak beruntung gagal login COC, dan macam-macam cara sudah ditempuh dan masih gagal, kamu masih bisa mempertahankan desamu. Tidak perlu mengulang dari awal lagi. Jika anda sudah bisa terhubung kembali ke akun COC anda, silahkan gunakan base di atas jika anda telah mencapai Town Hall 10.

Trophy Base
Trophy Base Type 1

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 1
Sementara anda sibuk mencari base terbaik dan terbaru Town Hall 10, mungkin sedikit informasi tentang Grand Warden ini dapat mengisi waktu anda. Grand Warden seperti gabungan Wizard dan Healer, mirip dengan Barbarian King dan Archer Queen yang adalah Barbarian dan Archer. Sedikit berbeda dengan dua Hero lainnya, Grand Warden akan mengkonsumsi 6.000.000 biaya Elixir, dan datang untuk Town Hall 11. Grand Warden memiliki kemampuan Life Aura (pasif) Nya untuk penyebaran, yang memberikan unit kesehatan tambahan. Unit yang meninggalkan area itu, mereka akan kehilangan efek dari kemampuan Grand Warden. Tingkat kemampuan pasif ini meningkat pada setiap level, tidak seperti kemampuan aktifnya yang meningkat hanya setiap 5 level.

Trophy Base Type 2

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 2
Grand Warden ini adalah hero ketiga dalam permainan COC, lemah dalam kekuatan fisik tetapi dia sangat kuat menjadi pendukung unit lainnya. Kemampuan yang aktif, Eternal Tome merender semua pasukan ramah dalam auranya tak terkalahkan untuk merusak dalam waktu yang singkat. Eternal Tome upgrade setiap lima level dari Grand Warden meningkat. Durasi kemampuan untuk meningkatkan sebesar 0,5 detik per tingkat. Selama modus defensif, ia akan berubah menjadi patung batu dan bertindak layaknya sebagai menara defensif lainnya saat menggunakan kemampuan Life Aura untuk memberikan dorongan kesehatan untuk mendukung pasukan dan bangunan. Grand Warden akan menyerang gedung apa saja yang dapat dijangkaunya.

Trophy Base Type 3

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 3
Dia dapat digunakan sebagai Hero yang menargetkan udara atau darat, sehingga dia bisa masuk ke setiap komposisi pasukan yang disukai. Grand Warden dapat digambarkan sebagai 'Super Wizard' sebagai kemiripannya dengan Wizard. Kemampuannya, Eternal Tome, membuat dirinya dan unit pasukan di kisaran nya tak terkalahkan kerusakan, dan sangat penting untuk menghancurkan basis dengan DPS inti tinggi. Dia adalah satu-satunya pahlawan yang tidak memerlukan penyaluran yang tepat untuk sepenuhnya efektif. Hal ini memungkinkan anda agar lebih berkonsentrasi untuk waktu penyebaran Spell dan pasukan. Hal ini juga dapat digunakan secara efektif untuk melawan bangunan pertahanan (Eagle Artileri) menggunakan kelompok besar pasukan; ini juga memungkinkan mereka agar dapat menghancurkan lebih dari sebelumnya. Pasukan di berbagai Abadi Tome dapat disembuhkan sementara aktif, bahkan jika menjadi target Inferno Tower.

Trophy Base Type 4

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 4
Grand Warden dapat melompati dinding, seperti Hog Rider, dia terlihat seperti sedang melayang dan tidak menginjakkan kakinya ke tanah. Dia akan mengikuti pasukan dengan ruang perumahan tertinggi atau massa terbesar tentara, sehingga bunching up pasukan dengan Grand Warden sangat penting untuk mendapatkan hasil maksimal dari kemampuannya ketika anda menggunakannya pada serangan besar. Bahkan jika Grand Warden dapat melompati dinding, ia akan menyerang bagian Tembok yang diserang oleh banyak pasukan anda, tampaknya dia begitu mempedulikan kesulitan pasukan lain. Ini tidak seperti Hog Rider dan Miner, yang tidak pernah menyerang dinding. Jika anda mengatur Grand Warden dalam modus udara, waspadalah terhadap perangkap Air Mine seperti ketika anda untuk Grand Warden akan ditargetkan oleh satu tanpa Tome Abadi, ia akan mudah dibunuh seorang diri terlepas dari level yang dimilikinya. Grand Warden dapat menyerang Wizard Tower atau Hidden Tesla tanpa bisa menyentuhya.

Trophy Base Type 5

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 5
Hitpoints nya sangat rendah, tapi jangkauan dan DPS nya cukup baik, meskipun tidak cocok menjadi pertahanan inti. Dia paling baik berfungsi sebagai unit pendukung yang efektif terhadap pertahanan Eagle Artileri, meskipun ia tidak akan bertahan lama tanpa unit lain untuk menyerap kerusakan dalam jumlah besar. Dia menciptakan kemampuannya untuk meningkatkan pasukan pertahanan dan bangunan. Sangat disarankan untuk menempatkan altar lain dekat dengannya yang akan menerima manfaat seperti Clan Castle, atau Hero lainnya.

Trophy Base Type 6

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 6
Sementara anda sibuk mencari base terbaik dan terbaru Town Hall 10, mungkin sedikit informasi tentang Archer Queen ini dapat mengisi waktu anda. Archer Queen dia adalah ratu dari para Archer, jika dilihat, dia sama saja dengan Archer pada umumnya hanya saja dengan ukuran yang jauh lebih besar. Anda akan melihatnya muncul setelah altarnya dibangun, sama seperti hero lainnya. Dia akan memakan 40.000 Dark Elixir untuk pertama kalinya ketika dia dipanggil keluar. Itu menjadi harga yang lebih tinggi dari saat pertama kali memanggil Barbarian King. Dia juga adalah unit abadi, jadi ia hanya harus dipanggil sekali. Namun, jika dia terluka atau gugur di medan pertempuran, maka anda harus menunggu untuk masa regenerasi sampai kesehatannya kembali pulih, jadi dia akan tidur sepanjang waktu hingga ia dapat digunakan kembali dalam peperangan. Jika anda telah memulai peperangan dan dia sedang dalam kondisi pemulihan, anda tidak akan melihat dia pada deretan pasukan dan Hero lainnya.

Trophy Base Type 7

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 7
Lamanya waktu yang diperlukan saat regenerasi akan disesuaikan otomatis dengan Hitpoinnya yang terkuras pada peperangan sebelumnya, anda akan memerlukan waktu yang relatif. Jika ia tidak kekurang hitpoint (atau sepenuhnya sembuh sebelum pertempuran berakhir), maka dia akan siap dalam peperangan berikutnya. Namun, jika ia jatuh dalam pertempuran atau terluka, maka ia harus tidur selama beberapa waktu. Archer Queen memiliki tingkatan level yang perlu anda upgrade secara manual sama dengan hero lainnya dimana waktu yang dibutuhkan untuk masa pemulihan juga akan berpengaruh pada setiap tingkatan. Lebih tinggi levelnya maka akan lebih banyak waktu yang anda butuhkan. Jika anda sedang terburu-buru dan ingin sekali menggunakannya ketika dia masih dalam tahap penyembuhan, anda dapat mengeluarkan biaya 5 Gems untuk mendapatkan 4x kecepatan regenerasi. Anda akan diberi waktu selama 1 jam untuk mempercepat waktu penyembuhan Archer Queen ketika ia terluka. Dia memperoleh kemampuan khusus seperti hero lainnya namun kali ini namanya Royal Cloak.

Trophy Base Type 8

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 8
Kelebihan Royal Cloak memungkinkan dia untuk menjadi "tidak terlihat" dari pertahanan musuh pada waktu yang sangat singkat, jadi ketika bangunan defensif musuh menyerangnya dan anda mengeluarkan kemampuannya itu, musuh akan langsung berganti target, disamping itu juga meningkatkan kerusakan pada serangannya, pemulihan kesehatan dan memanggil hingga 12 Archer kecil untuk membantu dia dalam pertempuran, yang menjadi perbedaan dengan Barbarian King adalah ketika dia mengeluarkan kemampuannya, kelompok Archer yang berada dekat dengan dia tidak akan menerima efek apapun, dia hanya akan memanggil pasukan Archernya. Dia akan menerima kemampuannya itu ketika menginjak level 5 dan akan terus menjadi lebih kuat jika anda mengupgradenya ke tingkatan level yang lebih tinggi dengan biaya yang lebih besar di setiap levelnya. Berbeda dengan Barbarian King, Archer Queen dapat menyerang unit udara seperti balloon, Dragon, atau Minion, membuatnya efektif dalam menjaga sebuah desa melawan pemain yang memanfaatkan serangan udara ketika menyerang desa base anda.

Trophy Base Type 9

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 9
Dia adalah hero yang memiliki jangkauan tembak yang lebih baik dari Archer yaitu 5 petak bukannya 3,5 sehingga akan menjadi strategi yang baik adalah untuk menempatkan sekelompok Giant, P.E.K.K.A, Golem atau Barbarian King sebagai pasukan perisai yang berdiri di depannya. Menggunakan pasukan perisai berarti anda akan membuat bangunan defensif musuh sulit menjangkaunya sehingga ia dapat digunakan berkali-kali untuk serangan berikutnya. Strategi kecil untuk melengkapi total kerusakan 50% dalam Multi Player ketika anda sedang berburu Troophy, ketika pasukan anda telah gagal sebelum mendapatkan 50% dari kerusakan base lawan, anda dapat menggunakan Archer Queen untuk mengambil 2 hingga 3 bangunan untuk pencapaian 50% tersisa tanpa membuatnya kekurangan Hitpoin. Letakan dia di sisi yang paling memungkinkan menghancurkan beberapa bangunan, jarak tembaknya yang cukup jauh dan kemampuan Royal Cloak dapat anda manfaatkan untuk itu.

Trophy Base Type 10

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 10
Kombinasi Archer Queen dan Healer dapat menjadi strategi yang bagus, ini lebih dikenal dengan sebutan Super Queen yang adalah strategi yang sangat layak ketika Anda menargetkan untuk menjarah pertahanan base musuh. Dengan jarak tembak Archer Queen yang jauh, bangunan pertahanan udara musuh akan sulit menjangkau Healer, mereka hanya akan fokus menyerang Archer Queen anda, bahkan Air Defence dapat hancur sebelum Healer masuk dalam jangkauan serang mereka, ini sangat menakjubkan. Hanya saja, yang perlu anda ingat, ini memerlukan Archer Queen dengan level tinggi karena fakta bahwa dia sendiri tidak dapat menangani kerusakan cukup dan akhirnya akan kehabisan waktu. Gunakan Rage Spell saat sedang terdesak, cara ini akan membuat dia bergerak lebih cepat dan membantu Healer mempercepat penyembukan ketika Archer Queen sedang dalam kondisi sangat kritis.

Trophy Base Type 11

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 11
Dia dapat ditempatkan di samping Barbarian King agar bisa berjuang bersama-sama, mereka akan menjadi partner yang baik, mereka akan sangat diperhitungkan untuk mengatasi setiap serangan yang datang. Archer Queen lebih cocok untuk pertahanan, serangan cepat dan hits lebih besar dari pada Barbarian King, dan dia menembak dari jarak jauh (dia diberikan kemampuan untuk menyerang unit udara musuh), tapi dia memiliki hitpoint yang lebih rendah dibanding Barbarian King. Strategi terbaik untuk posisinya dengan meletakan dia di bagian dalam dengan jarak 3 hingga 4 petak dari sisi dinding, ini memungkinkan dia tidak melompat keluar untuk mengejar musuh yang dapat sangat rentan membuat dia gugur diluar Base pertahanan.

Trophy Base Type 12

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 12
Sementara anda sibuk mencari base terbaik dan terbaru Town Hall 10, mungkin sedikit informasi tentang Barbarian King ini dapat mengisi waktu anda. Pada dasarnya dia adalah bangsa Barbar yang berukuran normal namun kali ini dengan ukuran yang lebih besar Giant, lebih agresif dan sangat kuat melebihi ukuran normalnya. Dia akan muncul setelah Altarnya selesai dibangun sama seperti Hero lain. Anda akan pertama kali membangun altarnya dengan biaya 10.000 Dark Elixir. Barbarian King adalah unit abadi, jadi ia hanya harus dipanggil sekali. Namun, jika dia terluka atau jatuh dalam pertempuran, ia juga harus menunggu masa regenerasi sampai kesehatannya kembali pulih dan akan tidur sepanjang waktu hingga Barbarian King dapat digunakan kembali dalam peperangan Clash Of Clans.

Trophy Base Type 13

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 13
Jika anda telah memulai peperangan dan dia sedang dalam kondisi pemulihan, anda tidak akan melihat altarnya pada deretan pasukan dan Hero yang tersisa. Lamanya waktu regenerasi yang diperlukan tergantung dari banyaknya Hitpoin yang berkurang, anda akan menunggu dalam waktu yang relatif. Jika ia tidak rusak (atau sepenuhnya sembuh sebelum pertempuran berakhir), maka dia akan langsung siap dalam strategi serangan selanjutnya. Namun, jika dia gugur dalam pertempuran atau terluka, maka dia harus tidur selama beberapa waktu untuk memulihkan kesehatannya. Barbarian King memiliki tingkatan yang perlu anda upgrade secara manual sama dengan pasukan lainnya dimana waktu yang dibutuhkan untuk masa pemulihan juga akan berpengaruh pada setiap tingkatan level.

Trophy Base Type 14

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 14
Lebih tinggi levelnya maka akan lebih banyak membutuhkan waktu dan biaya yang akan lebih tinggi di setiap tingkatan level. Secara Grafis, Barbarian King akan tidur bersamaan dengan semua yang dibutuhkannya ketika anda meng-upgrade dia, dia akan membutuhkan pekerja yang tidak sedang digunakan (builder hut yang menganggur), biaya upgrade (Dark Elixir) dan tentunya membutuhkan lamanya waktu upgrade, sementara itu anda tidak dapat mengikut sertakan dia dalam peperangan apapun baik dalam single player, multy player dan pertarungan War. Jika anda sedang terburu-buru dan ingin sekali menggunakannya ketika dia masih dalam tahap regenerasi, anda dapat menukarnya dengan 5 Gems untuk mendapatkan 4x kecepatan regenerasi. Anda akan diberi waktu selama 1 jam untuk meningkatkan kecepatan waktu penyembuhan Barbarian King.

Trophy Base Type 15

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 15
Barbarian King akan mendekati musuhnya ketika mereka masuk dalam jangkauan atau lingkaran pada area serangannya. Namun, dia akan mundur jika dipancing terlalu jauh. Raja dari bangsa barbar ini juga diberi kemampuan yang disebut Iron Fist untuk level 5 keatas dan dapat anda manfaatkan di medan perang apapun. Dengan kemampuannya itu, juga akan meningkatkan hitpointnya jika sedang berkurang karena peperangan, dia dapat memanggil hingga dua puluh pasukan barbar tambahan dan bersamaan dengan mendapatkan efek peningkatan damage dan speed. Pasukan Barbar yang dipanggil keluar mengikuti level Barbar anda saat itu. Ingat bahwa hanya pasukan Barbar yang berada dekat dengan Barbarian King yang akan menerima efek dari kemampuannya tersebut. Kemampuannya ini akan menjadi lebih kuat setiap kali anda upgrade level Barbarian King.

Trophy Base Type 16

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 16
Saat dia menyerang, ia dapat digunakan seperti pasukan lain. Ketika hitpointnya berkurang, ia harus tidur untuk mengisi ulang sebelum ia dapat digunakan lagi. Waktu regenerasi berbanding lurus dengan berapa banyak hitpointnya untuk dipulihkan. Dia dapat sangsung mendapatkan seluruh kesehatannya hingga kembali pulih jika anda menggunakan Gems. Dapat menjadi strategi yang baik jika anda menggunakan dia dengan Healer dan dibantu oleh pasukan pendukung seperti Archer, namun anda hanya harus menghindari Healer dari bangunan Air Defense, bangunan pertahanan udara ini dapat dengan cepat melenyapkan mereka. Barbar juga bisa menjadi pasukan dukungan yang sangat baik untuknya karena mereka juga akan dipengaruhi oleh perubahan Iron Fist Barbarian King jika mereka berada di dekatnya ketika itu diaktifkan (tidak seperti Archer Queen dimana ia tidak dapat memberi efek apapun pada pasukan Archer ketika menggunakan kemampuanya didekat mereka).

Trophy Base Type 17

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 17
Dia juga sangat baik untuk membantu menghancurkan bangunan yang tersisa dari sebuah base setelah sebagian besar bangunan atau semua pertahanan telah hancur oleh Hog Rider, Balloon atau Giant dimana pasukan ini hanya menargetkan bangunan pertahanan di awal serangan. Barbarian King dapat dengan mudah diserbu oleh sekelompok Archer atau barbar karena ia hanya dapat menyerang satu unit pasukan pada suatu waktu dan memiliki kecepatan serangan yang lambat. Jika dalam strategi serangan Anda menggunakan barbar, cobalah untuk menggunakan Iron Fist ketika ada kelompok pasukan Barbar berada didekatnya. Ini akan lebih efektif saat anda tahu kapan waktu yang tepat untuk menggunakan kemampuan Iron Fistnya, kecuali ketika Barbarian King anda sedang beregenerasi.

Trophy Base Type 18


Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 18
Iron Fist memberi efek penyembuh untuk Barbarian King, tunggulah hingga dia menghancurkan beberapa bangunan atau ketika hitpoinnya telah menurun karena tembakan bangunan pertahanan musuh, ini akan mengembalikan kesehatannya dengan cara yang lebih baik. Ketersediaan kemampuan Iron Fist hanya dapat dipergunakan sekali pada setiap peperangan, Barbarian King harus kembali ke base anda untuk mengisi kembali kemampuannya sama seperti hero lain. Hero yang satu ini sangat berguna untuk membantu pertahanan base anda terutama untuk Town Hall 10 dan diatasnya, mereka dapat saling mendukung untuk memusnahkan pasukan musuh.

Trophy Base Type 19

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 19
Barbarian King memiliki dua mode aktivasi: ia dapat diatur untuk "Sleep", yang akan membuat dia tidur di Altar, ini akan menyebabkan dia untuk mengabaikan serangan apapun di base Anda hingga anda mengaktifkannya kembali. "Guard", yang akan memerintahkan dia untuk berpatroli di sekitar area Base anda dan membuat dia untuk ikut serta setiap kali Pasukan musuh yang datang dalam jangkauan hingga pertempuran berakhir. Dalam mode "Sleep" dia tidak akan menampakkan diri di medan perang sama sekali, namun yang terlihat hanya altarnya. Meskipun ia sangat kuat karena kesehatannya yang tinggi, namun ia hanya bisa untuk menargetkan satu unit dalam battle COC, itu menyebabkan dia mudah kalah jika berhadapan dengan gerombolan pasukan barbar dan Archer.

Trophy Base Type 20

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 20
Sekelompok Wizard juga dapat melenyapkannya dalam beberapa serangan, bahkan hanya dalam hitungan detik. Karena Barbarian King tidak dapat bertahan ketika berhadapan dengan banyak pasukan musuh sekaligus, untuk itu strategi yang baik adalah menempatkan dia di bagian tengah Base pertahanan anda, jika memungkinkan akan lebih baik meletakan dia dekat dengan Wizard Tower namun jauh dari Mortar. Ini akan sangat membantu, ketika pasukan barbar musuh berkumpul dalam jumlah besar dan mencoba untuk menyerang Barbarian King anda, disaat itulah musuh akan mendapatkan serangan yang keras dari Wizard Tower dan Mortar dengan serangan splash area dari kedua bangunan ini. Yanga mungkin menjadi masalah; Barbarian King tidak dapat menyerang pasukan udara sama sekali, dia akan tewas dengan beberapa semburan Dragon bahkan hanya perlu 1 unit Minion untuk dapat membuatnya gugur.

Trophy Base Type 21

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 21
Tidak seperti pasukan Kastil anda, Barbarian King tidak bisa terus dipancing ke tepi Base dan kemudian hancur di luar jangkauan pertahanan (kecuali jika anda menaruh Altar nya dibagian tepi), intinya bahwa dia tidak akan keluar dari lingkaran yang sudah ditetapkan menjadi area serangnya, jika musuh keluar dari lingkaran ini, maka barbarian akan kembali berpatroli seperti biasa sebelum dia diganggu atau mencari musuh lain yang masih berada dalam lingkaran jarak serangnya. Jika tidak ada musuh dia akan tetap berada di daerah, ia akan melanjutkan patroli. Jadi kini anda telah mengetahui sedikit informasi tentangnya. Informasi ini akan sangat berguna dan berpengaruh pada pertahanan base anda, dari kekurangan dan kelebihan itu, anda dapat menentukan posisi pada base anda di mana ia akan ditempatkan.

Trophy Base Type 22

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 22
Sementara anda sibuk mencari base terbaik dan terbaru Town Hall 10, mungkin sedikit informasi tentang Bowler ini dapat mengisi waktu anda. Bowler adalah unit pasukan mematikan yang melemparkan batu besar yang memantul sekali untuk menciptakan kerusakan area dari bola batunya yang besar itu. Dia memberikan banyak kerusakan. Bowler adalah pasukan darat pertama yang mampu menyerang lebih dari satu target dengan serangannya dalam garis lurus. Seperti kata pepatah 'sekali dayung, dua-tiga pulai terlampaui' itu menakjubkan!. Dia tidak mempunyai target yang lebih dia sukai saat dia menyerang.

Trophy Base Type 23

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 23
Tapi dia hanya akan menyerang bangunan yang paling dekat dengannya. Namun, jika Bowler menyadari keberadaan pasukan kastil musuh, Hero atau Skeleton (perangkap tengkorak), Bowler akan meninggalkan bangunan mereka yang sebelumnya ditargetkan dan pergi ke arah pasukan musuh sebagai target pengganti. Setelah semua pasukan musuh di dekatnya dilenyapkan, Bowler akan melanjutkan untuk menyerang bangunan terdekat pada base pertahanan musuh. Bowler tidak memiliki cukup banyak hitpoint sehingga mereka sangat rentan terhadap serangan bangunan pertahanan musuh. Strategi yang baik adalah menaruh mereka pada barisan belakang serangan sama seperti Witch.

Trophy Base Type 24

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 24
Membuat dia terlindungi dari serangan maka anda harus memutuskan pasukan yang paling efektif yang akan berada didepannya. Golem memiliki Hitpoin yang besar sehingga cocok digunakan sebagai pasukan perisai, namun Golem tidak lebih cepat dari Giant, anda dapat membuat perbandingan di antara keduanya. Dalam strategi ini, waktu akan menjadi masalah besar untuk anda, kombinasi ini paling efektif digunakan pada single player karna tidak dituntut untuk menyelesaikan pertempuran dengan cepat. Namun, anda dapat membawa Rage Spell untuk mempercepat langkah mereka dalam medan peperangan lain.

Trophy Base Type 25

Susunan Formasi Base Trophy TH 10 Untuk Pertahanan Terkuat dan Terbaik COC 25
Tidak ada halangan untuk serangan Bowler karena senjata yang mereka bawa dapat melewati dinding pertahanan musuh, tapi anda tetap membutuhkan beberapa Wall Breaker untuk pasukan dibarisan depan seperti yang dibutuhkan Golem. Bowler bisa sangat diandalkan untuk pasukan inti dalam jumlah besar, terbukti dengan kemampuannya yang mampu menyerang 2 strukur bangunan sekaligus dalam waktu tertentu. Ini akan menjadi strategi yang lebih baik dibanding jika anda menggunakan Wizard atau P.E.K.K.A. Untuk strategi lain anda dapat menggunakan Healer sebagai pasukan pendukung Bowler.

Trophy Base Type 26

Gunakan 4 Healer dengan 6 - 7 Bowler, 1 - 2 Golem, dan sekitar 15 Valkyrie. Agar maksimal bawalah setidaknya 3 Jump Spell dengan 1 Rage Spell.Bowler tidak baik untuk digunakan pasukan pertahanan Clan Castle. Dia memakan 6 ruang per unitnya, ini tidak baik mengingat Hitpoin mereka yang juga tidak cukup kuat. Namun mungkin dapat menjadi pertimbangan jika dilihat dari kemampuan splash area dari serangan yang Bowler punya. Dia akan cukup mapan mengatasi pasukan dengan tingkat kerusakan tinggi seperti Wizard. Dengan begitu, tidak ada kendala untuk menghadapi base musuh.

Trophy Base Type 27

Sementara anda sibuk mencari base terbaik dan terbaru Town Hall 10, mungkin sedikit informasi tentang Lava Hound ini dapat mengisi waktu anda. Lava Hound mirip dengan Golem, namun sasaran utamanya adalah Air Defence. Lava Hound adalah mahluk yang disebut piroteknik (vulkanik), dia tampak seperti anjing yang bersayap. Tampak juga seperti Golem, dia mempunyai nyawa tambahan ketika mati untuk pertama kali, dia akan memecah diri menjadi bagian-bagian yang jauh lebih kecil atau yang disebut Lava Pups. Ketika Lava Hound menyerang bangunan di base lawan, dia terlihat mengeluarkan cairan dari mulutnya, persis seperti cara menyerang Minion. Dia akan menuju ke arah Air Defence sebagai target pertama diatas semua target lainnya, dan tidak menghiraukan bangunan lain meski dia sedang diserang habis-habisan oleh bangunan pertahanan musuh.

Trophy Base Type 28

Ini juga berlaku pada pasukan Clan Castle musuh, Hero atau Skeleton (perangkap tengkorak) yang sibuk menyerang dia. Setelah semua Air Defence hancur, mereka akan terus menyerang setiap pertahanan yang tersisa lainnya, termasuk Grand Warden yang dilihatnya sebagai bangunan defensif. Setelah semua pertahanan yang tersisa dihancurkan, Lava Hound menjadi seperti pasukan lain tanpa target yang diunggulkan; mereka akan menyerang bangunan yang dekat dengan mereka apapun jenis bangunan tersebut, dan akan menyerang unit pasukan musuh ketika mereka menyadari keberadaannya. Lava Hound, dia memiliki tubuh yang sulit untuk dihancurkan sebab Hitpoinnya yang terlampau tinggi. Sama seperti Golem, mereka berguna sebagai tempat perlindungan bagi pasukan lainnya, mereka melakukan tugasnya masing-masing sebagai unit udara dan darat.

Trophy Base Type 29

Lava Hound dapat melindungi Dragon yang memiliki hitpoint hampir sama, Minion menyerang dengan mulutnya yang sama persis seperti Lava, Healer sebagai penyembuh (untuk pasukan darat), Balloon si penghancur tak terkendali dan Baby Dragon yang marah, sama seperti Golem yang melindungi sekelompok Wizard atau Witch. Mereka dapat mengalihkan perhatian semua bangunan pertahanan udara, yang mencegah Pertahanan Udara untuk menghancurkan sekelompok Dragon, Balon atau Minion dengan cepat. Berhati-hatilah dengan menara Inferno, anda harus menjaga jarak. Akan menjadi strategi yang baik untuk menempatkan Lava Hound berpasangan (ganda) sehingga dapat menyerap dua kali jumlah kerusakan dan mengalihkan perhatian pertahanan dari pasukan udara lainnya.

Trophy Base Type 30

Namun, jangan digunakan dalam jumlah yang terlalu banyak, karena mereka adalah unit ofensif sangat lemah dan akan hancur sebelum mereka melakukan terlalu banyak kerusakan pada base musuh. Lava Hound dapat membuat strategi gabungan pasukan udara dan darat untuk menyerang bersama dan Giant adalah pilihan yang tepat untuk strategi ini. Disamping itu anda juga membutuhkan Healer sebagai pasukan pendukung Giant. Lava akan bertugas mengalihkan perhatian dan melindungi Healer anda dari semua serangan yang mengarak ke udara, sementara itu Giant akan memiliki waktu yang lebih banyak untuk menghancurkan bangunan pertahanan lainnya.

Trophy Base Type 31

Sayangnya untuk Town Hall 10 keatas, strategi Giant dan Healer tidak akan efektif sebab kehadiran menara Inferno yang memblokir semua penyembuhan termasuk Healing Spell, ini akan menjadi masalah jika anda memaksakannya. Menyebarkan bangunan Air Defence anda dapat menjadi strategi yang baik untuk menyulitkan Lava Houd melakukan perjalanannya. Seperti yang telah dijelaskan, para pemain akan menjadikan Lava Hound sebagai tempat perlindungan pasukan udara lainnya. Letakan Bomb Mine dan Air Bomb dekat dengan Air Defence akan sangat membantu anda melenyapkan Lava dengan cepat.

Trophy Base Type 32

Pastikan untuk menggunakan setidaknya satu single-penargetan Inferno Tower, yang akan menghancurkan sebuah Lava Hound dengan mudah. Lava Hound dapat menjadi pilihan yang baik sebagai pasukan pertahanan Clan Castle level 5 atau lebih tinggi, dengan hitpoint besar mereka memungkinkan untuk menyerap banyak kerusakan dari semua pasukan lawan, mereka juga nantinya akan memisahkan diri menjadi Lava Pup yang dapat mengeluarkan kerusakan yang lebih tinggi terutama untuk penyerang Wizard dan Archer Queen musuh. Sebagai pasukan pertahanan Kastil mereka juga akan memperlambat musuh yang datang menyerang base anda.

Trophy Base Type 33

Lanjut untuk penjelasan base yang satu ini. Base ini memiliki ruang yang terbuka dapa sisi kiri dan kana, ini jelas terlihat sebagai umpan musuh sehingga mereka mungkin menyadarinya. Jika melihat desain base seperti ini, besar kemungkinan musuh akan masuk menyerang dari arah depan atau belakang, jika diperhitungkan, jarak antara Town Hall anda hingga ke sisi base tampaknya sama. Jika musuh masuk dari bagian belakang base maka mereka akan menerima ledakan dari Bomb dan Bomb Giant yang sudah terpasang disana. Clan Castle juga akan menarik pasukan musuh untuk berusaha masuk, pasukan musuh akan sibuk menghancurkan dinding pertahanan sementara 2 Cannon, 2 Archer Tower dan 2 Mortar tengah menyerang mereka. Formasi dari ketiga X-Bow adalah kuci suksesnya anda untuk mempertahanankan base ini. Jika musuh masuk melalui depan, mereka akan sangat kesulitan menghadapi Inferno Tower yang diposisikan seperti itu.

Trophy Base Type 34

Base terbaik dan terbaru berikutnya memiliki gerbang masuk dibagian depan yang dijaga oleh 4 Cannon, 2 Wizard Tower, 2 Archer Tower dan keempat Hidden Tesla berdiri pada bagian tengah. Ketika musuh masuk dari area depan itu akan memakan waktu yang lebih lama untuk mencapai Town Hall anda sebab posisinya sangat jauh. Pasukan musuh juga harus menghadapi banyak unit bangunan defensif yang membuat mereka harus kembali berpikir sebelum meletakan pasukan apapun. Ini akan membuat musuh untuk memilih jalur lain untuk menyerang. Jika mereka masuk dari area belakan base dan berhasil menembus hingga dimana X-Bow berada nantinya mereka akan merasakan ledakan dari kelima Bomb Giant. Ini adalah jebakan besar dan sangat berpengaruh terhadap hitpoint pasukan perisai yang kuat seperti Golem. Barbarian King dan Archer Queen juga ditempatkan sangat strategis sehingga dapat saling mendukung antara hero dan bangunan defensif anda.

Trophy Base Type 35

Meletakan bangunan sumber daya dengan terpisah adalah satu langkah yang tepat untuk mengamankannya dari pencurian. Ini bukan berarti Gold dan Elixir anda tidak bisa untuk dicuri, tapi musuh hanya dapat mengambil sebagian kecil dari sumber daya anda. Bangunan ini juga keras yang berarti butuh waktu yang relatif lama untuk dihancurkan. Ini akan berfungsi juga sebagai perisai. Bangunan ini jika diletakan terpisah dan sejajar maka akan menciptakan rangkaian pertahanan yang seimbang. 2unit Wizard Tower diposisikan disamping Town Hall yang membuat desain base ini akan semakin kuat.

War Base
War Base Type 1

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 1
Sementara anda sibuk mencari base terbaik dan terbaru Town Hall 10, mungkin sedikit informasi tentang Witch ini dapat mengisi waktu anda. Witch adalah satu-satunya pasukan yang bisa memanggil prajurit tengkorak yang telah mati dari pertempuran masa lampau. Dia dapat berguna sebagai pasukan pendukung (mirip dengan cara kerja Healer) dan jika anda memanfaatkannya dengan benar, maka mereka dapat menangani medan pertempuran dengan mudah. Witch memiliki rambut ungu pendek yang lurus hingga ke bahu dan matanya bersinar menyala terang berwarna pink. Dia memakai dua potong penutup bahu yang terbuat dari emas, memakai sabuk emas, gelang emas, dan rok yang terlihat compang camping.

War Base Type 2

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 2
Dia memakai jubah panjang compang-camping yang berwarna ungu, selalu membawa tongkat berkepala tengkorak kambing (mirip dengan lambang Iblis Pentagram). Pasukan yang memanfaatkan sihirnya ini tidak memiliki target yang lebih disukai saat menyerang di medan pertempuran, mereka hanya akan menyerang bangunan-bangunan terdekat mereka. Namun, jika Witch telah menyadari kehadiran tentara Clan Castle lawan, Hero atau Skeleton (perangkap tengkorak), Witch akan meninggalkan bangunan yang sebelumnya ditargetkan dan mengejar pasukan musuh sebagai target pengganti. Setelah semua pasukan musuh di dekatnya itu lenyap, mereka akan melanjutkan untuk menyerang bangunan terdekat dari lokasi mereka saat itu.

War Base Type 3

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 3
Witch hanya memiliki hitpoint rendah, ini berarti dia rentan terhadap serangan bangunan defensif musuh. Witch dapat dijadikan pasukan inti namun karena kesehatannya yang rendah dia harus dijadikan sebagai pasukan pendukung untuk perlindungan, lepaskan Witch dibarisan belakang pertempuran. Jangan meletakan mereka secara berkelompok atau Mortar akan melenyapkan mereka semua. Jika anda membawa Golem, letakan Witch setelah bangunan pertahanan musuh menembaki Golem, sang penyihir akan membuka mantranya dan memanggil pasukan tengkorak bangkit dari dalam tanah, ini dapat menciptakan gangguan pada bangunan pertahanan lawan. Anda juga dapat menggunakan beberapa Giant sebagai pasukan pengganggu dan bawalah beberapa Wall Breaker untuk menghancurkan dinding pertahanan sesaat setelah bangunan pertahanan musuh fokus pada Giant.

War Base Type 4

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 4
Kemudian tambahkan 1-3 Witch dan mereka akan memanggil tengkorak untuk membantu Giant anda. Tengkorak yang dipanggil Witch dapat membantu untuk menghancurkan bangunan lainnya. Tengkorak ini juga dapat membanjiri Base lawan, meskipun beberapa bangunan pertahanan memiliki kemampuan splash area yang berarti dapat menyerang kelompok pasukan dalam satu serangan (seperti Mortar dan Wizard Tower) namun tengkorak-tengkorak itu mampuh menanganinya sebab mereka sangat banyak. Jika anda telah memiliki Lightning Spell pada level tinggi, anda dapat menghancurkan satu atau dua Mortar di awal serangan. Ini akan sangat mengurangi potensi kematian dari tengkorak yng dipanggil. Jika Anda melihat Witch pada Kastil lawan, Lightning Spell atau Poison Spell adalah pilihan yang baik untuk mencegah bertumbuhnya Tengkorak Witch musuh yang terus mengganggu pasukan ofensif Anda.

War Base Type 5

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 5
Untuk strategi, menggunakan Witch secara massal mungkin tidak dianjurkan karena biaya mereka yang sangat tinggi, namun kenyataannya dapat berpotensi menelan Base lawan dengan bantuan Spell tentunya. Yang perlu diperhatikan bahwa 22 unit Witch level 3 bisa memanggil hingga 220 tentanra tengkorak dalam total keseluruhan, ini akan membuat bangunan pertahanan musuh kewalahan. Mortar dan Wizard Tower adalah satu-satunya pertahanan yang dapat menangani kawanan Tengkorak. Namun dengan total dari jumlah tengkorak bukanlah hal yang sepele, mungkin anda akan membutuhkan Rage Spell untuk memusnahkan bangunan pertahanan yang memiliki kemampuan splash area dengan cepat. Witch dapat menangani unit udara pertahanan lawan seperti Minion atau Dragon yang memiliki kerusakan area sama sepertinya.

War Base Type 6

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 7
Tengkorak akan membuat mereka sibuk sementara Witch akan menembak mereka dari posisi berbeda. Jika musuh menggunakan Lava Hound untuk pasukan pertahanan maka tidak perlu anda hiraukan. Mereka hanya akan memperlambat anda. Setelah anda memastikan isi Kastil lawan adalah Lava Hound, anda dapat langsung membuat serangan terhadap Base musuh dengan strategi yang telah anda rencanakan, sesaat setelah berhadapan langsung dengan pasukan pertahanan maka anda bisa menggunakan Rage Spell untuk melenyapkan mereka dengan sangat cepat. Jika menggunakan Witch untuk menjadi pasukan Clan Castle Anda, maka letakan Clan Castle dibagian tengah atau membuatnya sulit dipancing keluar oleh pasukan musuh.

War Base Type 7

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 7
Kebanyakan strategi (terutama pada Town Hall 8 - 10) menggunakan P.E.K.K.A dalam serangan Clan War, ini merupakan strategi yang tepat jika isi dalam Kastil anda adalah Witch. P.E.K.K.A sangat pelan jika menyerang, ini akan membuat dia kesulitan memukuli tengkorak satu per satu, mereka akan melenyapkan P.E.K.K.A dengan cepat sementara bangunan pertahanan akan membantu serangan itu. Witch tampaknya akan menjadi masalah serius bagi struktur pertahanan base anda, cobalah memanfaatkan semua ranjau anda terutama Bomb Giant untuk menempatkannya ditempat yang strategis, atau anda dapat mengecoh musuh dengan ranjau yang anda punya.

War Base Type 8

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 8
Sementara anda sibuk mencari base terbaik dan terbaru Town Hall 10, mungkin sedikit informasi tentang Golem ini dapat mengisi waktu anda. Anda akan melihat pasukan kuat ini pada posisi ke-4 yang akan terbuka di Dark Barak. Dia akan berada setelah Valkyrie dibuka. Dia juga menjadi pasukan termahal yang terbuat dari sumber daya Dark Elixir (Lava Hound dan witch masih dibawahnya). Golem, akan terbelah menjadi 2 bagian setelah batas hitpoint (pada ukuran normal) habis dan tidak hanya berhenti disitu. Golem masih akan menyerang bangunan defensif musuh hingga Hitpoinnya setelah memecahkan diri benar-benar habis. Kedua Golem ini akan memiliki kemampuan splash area pada setiap hit, mirip dengan Balloon dan Lava Hound, ketika mereka hancur.

War Base Type 9

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 9
Golem memprioritaskan bangunan pertahanan di atas semua bangunan lainnya, dia akan tidak akan menghiraukan semua jenis bangunan kecuali bangunan pertahanan lawan, Golem akan menuju ke bangunan pertahanan yang peling dekat dengan mereka. Golem tetap akan mengincar target utamanya dan tidak mempedulikan meski sedang diserang oleh pasukan Kastil, Hero dan Skeleton (perangkap tengkorak) musuh. Bangunan yang diincarnya juga termasuk Grand Warden sebab dilihatnya sebagai bangunan defensif. Setelah semua targetnya hancur, dia akan menjadi seperti pasukan lainnya yang tidak memiliki target utama, dia akan melanjutkan serangan dengan menghancurkan bangunan apapun terdekat dengannya, dan akan menyerang pasukan musuh jika mereka melihat  keberadaannya.

War Base Type 10

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 10
Golem tidak memiliki senjata seperti Hog Rider yang membawa Hammer, P.E.K.K.A dengan pedangnya, Valkyrie dengan kapak atau pasukan sejenis lainnya yang memiliki senjata. Dia hanya menggunakan tinjunya yang keras untuk memukul target. Strategi yang baik untuknya adalah; ketika anda meletakan Golem dalam sebuah pertempuran, jangan terlalu cepat meletakan pasukan anda yang lain (misalnya Archer atau Barbarian) sebelum bangunan pertahanan lawan fokus menembak Golem. Golem terlalu besar dan membuat dia lambat ketika ia bergerak, dia menggunakan tangannya untuk memukul dan itu akan menjadi hal yang tidak mungkin tanpa bantuan pasukan lain terutama Wall Breaker.

War Base Type 11

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 11
Wall Breaker akan memecahkan dinding untuk mempercepat langkah Golem anda. Ingat bahwa anda hanya bisa meletakan Wall Breaker ketika bangunan pertahanan (terutama Mortar dan Wizard Tower, mereka dapat melenyapkan Wall Breaker dengan 1 serangan) sedang sibuk menyerang Golem. Kekurangan dari Pasukan ini bahwa dia hanya melakukan kerusakan yang kecil sehingga dia harus diberi bantuan ekstra dengan membawanya bersama pasukan pendukung dengan potensi kerusakan besar seperti Wizard atau Witch. Perlu anda ketahui bahwa Spring Traps tidak dapat melemparkan Golem, tubuhnya yang besar tidak sanggup diangkat oleh ranjau ini hanya jika Golem terpecah menjadi 2 bagian disaat itu Spring Traps baru dapat melemparkan bagian-bagian kecil Golem keluar dari permainan.

War Base Type 12

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 12
Perhatikan Base lawan sebelum anda memulai serangan, jika anda melihat menara Inferno yang di atur pada Single Target, usahakan menghancurkannya lebih dulu (jika memungkinkan) sebab mereka dapat melenyapkan Golem anda dengan sangat cepat. Freeze Spell dapat digunakan untuk sementara menonaktifkan sengatan Inferno Tower. Jika Inferno Tower musuh diatur pada mode multi target, itu tidak akan banyak berpengaruh untuk Golem, meskipun masih merupakan gangguan untuk pasukan lainnya namun Golem dapat menjadi pelindung bagi mereka. Golem, mirip seperti Giant atau Lava Hound, yang adalah unit dengan hitpoint sangat tinggi namun hanya menciptakan kerusakan kecil, meski begitu mereka cukup baik digunakan sebagai pasukan perisai.

War Base Type 13

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 13
Dengan kemampuannya, bangunan pertahanan anda juga akan fokus menyerang Golem lawan sementara pasukan lain musuh akan menghancurkan bangunan-bangunan anda. Pastikan anda membuat sebuah Base pertahanan sedemikian rupa dengan posisi bangunan pertahanan berkemampuan tinggi bedara di tengah ( seperti Inferno Tower dan X-Bow) atau anda juga dapat menaruh posisi X-Bow sedikit berpencar. Golem biasanya tidak cocok berada di Clan Castle sebagai pasukan pertahanan karena ruang yang digunakan adalah 30 yang mengisi Clan Castle untuk level 5 keatas. Selain itu, kemampuannya ketika menyerang sangat rendah sehingga dia dapat dengan mudah dikalahkan terutama oleh pasukan seperti Wizard. Saran saya jangan menggunakan Golem sebagai pasukan pertahanan terutama dalam pertempuran Clan War.

War Base Type 14

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 14
Sementara anda sibuk mencari base terbaik dan terbaru Town Hall 10, mungkin sedikit informasi tentang Golem ini dapat mengisi waktu anda. Miner adalah pria berbaju biru yang membawa ransel warna coklat berada di punggungnya kemanapun ia pergi. Dia memakai topi keras (seperti topi proyek penambangan) perak abu-abu dengan lilin yang mencair di atas topinya. Miner memegang sekop untuk menghancurkan musuh setelah muncul ke permukaan tanah. Dia adalah pasukan ke 12 yang muncul pada Barak, dia terbuat dari sumber daya Elixir.

War Base Type 15

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 15
Miner tidak memiliki target utama ketika dia menyerang, mereka hanya akan menyerang gedung terdekat dengan mereka. Namun, ketika mereka melihat keberadaan pasukan Clan Castle, Hero atau Skeleton (perangkap tengkorak) musuh, mereka akan meninggalkan bangunan dan pergi untuk melenyapkan pasukan musuh sebagai pengganti target. Jika semua pasukan musuh yang berada di dekatnya lenyap, mereka akan melanjutkan untuk menyerang bangunan terdekat dari lokasi mereka saat ini. Miner mirip dengan Hog Rider mereka sama-sama melewati dinding pertahanan tanpa membutuhkan bantuan Wall Breaker, dan itu tidak sulit untuk dilakukan.

War Base Type 16

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 16
Bahkan Miner tampaknya lebih baik dari Hog, serangan dari musuh tidak akan mengenai nya selama dia berada di lubang bawah tanah. Yang menjadi perbedaan bahwa Hog akan pertama kali mengincar bangunan pertahanan terdekat. Ketika anda menggunakan Miner; anda tidak perlu takut perangkap yang telah dipasang, tidak perlu memikirkan dimana mereka menaruh posisi ranjau, tapi ini bukan berarti mereka kebal terhadap ranjau, Miner tidak akan memicu ranjau darat apapun jika mereka melewatinya dari dalam tanah, namun jika ia berhenti dan muncul dimana Bomb atau Bomb Giant itu berada, itu akan menganainya!

War Base Type 17

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 17
Mungkin anda sering memakai strategi GoWiPe (Golem, Wizard dan P.E.K.K.A) tapi menara Inferno dan pasukan kastil akan melenyapkan Golem anda dalam hitungan detik setelah masuk dalam jangkauan. Jika itu menjadi masalah, mungkin Miner dapat menjadi pilihan terbaik. Bawalah Miner secukup yang anda butuhkan. Letakkan dia sesaat setelah bangunan pertahanan sedang sibuk menyerang Golem anda. Mereka tidak akan menyadari kedatangan Miner dan itu akan menjadi kejutan. Apa anda juga penggemar game Clash Royale? sayangnya anda tidak dapat memanfaatkannya seperti pada game tersebut.

War Base Type 18

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 18
Miner tetap harus diletakan dari luar zona merah pada Base lawan. Pasukan yang satu ini memang tergolong baik dalam menyerang bangunan defensif musuh. Mereka akan muncul dari mana saja, menghancurkan bangunan pertahanan sebab tengah sibuk menyerang pasukan lainnya. Untuk meningkatkan Base pertahanan anda mintalah beberapa unit udara (1-2 Baby Dragon atau Minion) untuk mengisi Clan Castle anda. Namun, sayangnya anda tidak dapat menebak pasukan apa saja yang akan digunakan lawan nanti.

War Base Type 19

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 19
Sementara anda sibuk mencari base terbaik dan terbaru Town Hall 10, mungkin sedikit informasi tentang Baby Dragon ini dapat mengisi waktu anda. Dia menjadi pasukan elixir yang kesebelas di Barak, sejak update mei 2016. Baby Dragon adalah unit udara yang ganas dan mampu menyerang baik pasukan darat dan udara. Tidak seperti Balloon, Baby Dragon memiliki kemampuan splash area seperti Wizard. Baby Dragon akan menyerang dari jarak dekat. Ini hanya akan terlihat ketika digunakan untuk melawan pasukan pertahanan Clan Castle lawan dan dinding. Dia tidak mempunyai target utama saat menyerang, mereka hanya akan menyerang gedung terdekat dengan mereka.

War Base Type 20

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 20
Namun, ketika dia melihat keberadaan pasukan Clan Castle, Hero atau Skeleton (perangkap tengkorak) musuh yang berada dekat dengan mereka, mereka akan meninggalkan gedung mereka yang sebelumnya ditargetkan dan mendekati pasukan musuh sebagai target pengganti. Setelah semua pasukan musuh di dekatnya lenyap, Baby Dragon akan melanjutkan untuk menyerang bangunan disekitar lokasi mereka saat ini. Baby Dragon bisa dikatakan lebih baik dari ayah mereka (Dragon): Mereka memiliki lebih dari setengah tingkat hitpoint Dragon, termasuk melakukan sekitar setengah dari damage Dragon, biaya permbuatan cukup tinggi per unitnya, juga memakan 10 ruang (saat ini) dalam Army Camp, tapi sesuai dengan kegunaannya yang dapat mengambil sedikit Hit di sekitar serangannya.

War Base Type 21

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 21
Baby Dragon terbilang kuat dari cara mereka menyerang, dia dapat menjadi pilihan untuk menggantikan saudaranya yang besar, dia memakan setengah ruang dari Dragon dan itu cukup banyak. Dengan kerusakan yang mereka miliki, mereka cocok menjadi pasukan Clan Castle. Menggunakan full Baby Dragon sebagai pasukan utama; mereka tidak lemah seperti minion, jadi jangan habiskan Healing Spell anda. Bawalah sekitar 4 Rage Spell sisanya terserah anda, silahkan tambahkan mantra lain yang anda sukai.

War Base Type 22

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 22
Sebelum untuk memulai penyerangan besar, anda seharusnya memancing pasukan pertahanan Kastil lawan keluar (pastikan tidak ada yang tersisa) dan mungkin anda membutuhkan beberapa jenis pasukan lain yang lebih efektif memancing keluar isi Kastil misalnya Giant atau Hog Rider. Baby Dragon cukup kuat menahan tembakan banguanan pertahanan, setelah membunuh pasukan Kastil, sebarkan Baby Dragon. Anda dapat membuatnya menjadi beberapa kelompok, lepaskan mereka diikuti dengan Hero dan Rage Spell yang telah anda buat, anda akan melihat mereka menangani bangunan dengan sangat cepat.

War Base Type 23

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 23
Strategi ini cukup ampuh. Anda dapat membawa beberapa Minion untuk menguji keberadaan ranjau udara di sisi base, setelah anda yakin daerah sekitar aman silahkan turunkan Baby Dragon secara massal.Seperti yang dibahas diatas bahwa Baby Dragon cukup kuat dan mampu membuat kekacauan besar, oleh karena itu menjadi hal yang sulit untuk bertahan dari serangan mereka. Jangan sepelekan Air Defence yang anda miliki, rajinlah mengupgrade mereka hingga batas upgrade tertinggi untuk Town Hall anda, ini akan lebih efektif dibanding strategi bertahan dari Baby Dragon lainnya.

War Base Type 24

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 24
Baby Dragon cocok menjadi pasukan Kastil anda. Sebagai unit udara, Baby Dragon benar-benar kebal terhadap serangan dari pasukan darat apalagi yang tidak memiliki kemampuan menyerang unit udara (seperti sekelompok Barbarian dan Goblin) dia juga dapat membantu Hidden Tesla untuk menangani P.E.K.K.A dan dapat mengambil bagian untuk pasukan kuat lainnya (Valkyrie). Namun, karena kerusakan dari serangannya anda cukup mengisi 1 hingga 2 unit saja dan sisanya dapat diisi dengan pasukan darat lainnya.

War Base Type 25

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 25
Sementara anda sibuk mencari base terbaik dan terbaru Town Hall 10, mungkin sedikit informasi tentang Valkyrie ini dapat mengisi waktu anda. Valkyrie adalah seorang pejuang dengan rambut merah, mengenakan cawat kulit dengan bra kulit dan sepatu bot sebatas lutut. Dia membawa kapak berbilah ganda dan besar yang sekitar setengah dari ukuran tubuhnya. Valkyrie memiliki total perubahan hingga ke level 5 (saat ini). Dia memakan 8 ruang untuk Army Camp. Dia tidak punya target yang lebih disukai ketika menyerang; Valkyrie hanya akan menyerang gedung terdekat dengannya.

War Base Type 26

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 26
Namun, jika dia menyadari tentara Clan Castle, Hero atau Skeleton (perangkap tengkorak) musuh, dia akan meninggalkan gedung yang sebelumnya ditargetkan dan melibatkan pasukan musuh sebagai target pengganti. Setelah semua pasukan musuh di dekatnya lenyap, maka dia akan melanjutkan untuk menyerang bangunan apapun terdekat dari lokasinya saat ini. Letakan Valkyrie dekat dengan Barbarian King musuh. Pasukan yang tercipta dari Dark Elixir ini mampu membuat kerusakan parah terutama untuk memusnahkan semua Hero musuh, tidak butuh waktu lama untuk itu.

War Base Type 27

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 27
Anda dapat menggunakan mereka untuk membunuh pasukan Kastil lawan, karena mereka menangani kerusakan splash area kecil dan akan dapat mengambil kelompok pasukan dengan cepat dan efisien. Dia mampu merusak dua bangunan sekaligus, namun berhati-hatilah dengan bangunan yang tidak berhimpitan, bisa jadi itu adalah posisi perangkap yang disembunyikan. Valkyrie dapat menjadi peran pengganti untuk P.E.K.K.A dalam serangan tingkat tinggi. Mereka relatif, tidak rentan terhadap Hidden Tesla dan jauh lebih cepat dari pada P.E.K.K.A.. Kemampuan mereka untuk memusnahkan pasukan Clan Castle, Hero dan inti dari sebuah desa (Town Hall) tidak diragukan.

War Base Type 28

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 28
Serangan mereka mengesankan dan efektivitas mereka ketika dipasangkan dengan Healing Spell juga menguntungkan bila dibandingkan dengan P.E.K.K.A. Valkyrie, ketika mereka di beri akses untuk mengarah ke Town Hall, mereka bisa menghancurkannya tanpa masalah apapun dengan sangat cepat jika berkelompok. Bantu mereka sampai ke inti dengan Jump Spell, dan menggunakan Freeze Spell (untuk inferno) ketika mereka mencapai inti setelah itu lanjutkan dengan Rage Spell untuk menyelesaikannya dengan cepat.

War Base Type 29

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 29
Valkyrie adalah tentara yang sangat kuat dan dapat menjadi masalah ketika anda harus menangkis serangan mereka; Valkyrie melakukan banyak kerusakan dan memiliki hitpoint yang cukup baik meskipun tidak sebanyak Dragon, P.E.K.K.A atau Golem). Karena serangnya menciptakan kerusakan splash, dia bisa merusak beberapa Bangunan sekaligus. Jadi tidak disarankan menaruh secara berhimpitan. Setiap kali Valkyrie menghancurkan sebuah gedung, mereka akan memposisikan diri mereka sendiri, yang selama waktu itu, mereka bisa ditembak jatuh.

War Base Type 30

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 30
Cobalah untuk menempatkan bangunan dengan hitpoint yang berbeda bersama-sama untuk menghambat tentara Valkyrie yang menyerang. Valkyrie dapat menjadi tentara Clan Castle yang sempurna. Serangan mereka membuat mereka sangat efektif terhadap sekelompok besar pasukan musuh dalam jarak dekat seperti Barbarian dan Goblin, meskipun mereka juga sangat mampu melawan kelompok pasukan lain seperti Archer dan bahkan Wizard juga. Untuk beberapa kesempatan pemain telah melaporkan bahwa Valkyrie yang hanya seorang diri menghancurkan seluruh serangan Goblin dan barbar. Dia sangat efektif menangani pasukan darat, namun benar-benar tidak berdaya terhadap unit udara sebab tidak dapat menyerang unit udara.

War Base Type 31

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 31
kesehatan moderat nya memungkinkan dia untuk bertahan beberapa hit. Valkyrie sekarang jauh lebih rentan terhadap Poison Spell. Valkyrie menyerang bangunan di dekatnya dan yang berdekatan satu sama lain, dia akan melakukan tugasnya itu hingga tak ada satupun bangunan tersisa. Untuk kesempatan inilah anda bisa memanfaatkannya. Letakan Spring Traps yang menghubungkan antar bangunan yang satu kebangunan lainnya. Ini tidak sulit, letakan saja secara terpisah lalu biarkan Valkyrie berjalan hingga Sring Traps bersarang di kakinya dan kemudian dia akan terbang.

War Base Type 32

 Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 32
Sementara anda sibuk mencari base terbaik dan terbaru Town Hall 10, mungkin sedikit informasi tentang Wall Breaker ini dapat mengisi waktu anda. Anda dapat menemukan Wall Breaker berada pada urutan pasukan ke 5 di Barak. Anda akan melihat bentuk tubuhnya yang kecil dan membawa Bomb yang siap diledakan. Dia berwujud seperti tengkorak, menggunakan topi penerbang berwarna coklat dan memiliki bekas luka seperti retakkan di bagian mata kanannya. Wall Breaker mencari bagian dinding pelindung yang terdekat, berlari lalu meledakkan diri. Ini dapat berefek pada sekitar ledakan yang dapat menimbulkan 40 kali kerusakan. Mereka akan lenyap setelah meledakan diri (tidak terkecuali meledakan diri untuk Hero atau pasukan musuh). Wall Breaker akan menargetkan dinding base musuh sebagai sasaran utama. Jika semua dinding telah hancur, dia akan menjadi seperti pasukan lainnya yang akan mencari bangunan atau pasukan musuh disekitarnya dan dijadikan sebagai target, dia akan meledakkan diri untuk bangunan terdekat (namun hal ini sulit terjadi.
War Base Type 33

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 33
Jika semua dinding sudah hancur, dia dapat meledakan diri setelah menyadari keberadaan pasukan musuh, termasuk Hero dan Skeleton (perangkap tengkorak) sebagai terget berikutnya. Wall Breaker dapat menghancurkan dinding dengan lebih cepat dari serangan unit lain dan membuat celah untuk unit lain seperti Giant untuk masuk kedalam Base lawan. Wall Breaker biasanya akan mencari dinding terdekat untuk dihancurkan. Wall Breaker cukup banyak memakan biaya Elixir, dia juga bisa lenyap dengan mudah dalam sekali serangan, sangat jelas bahwa akan sangat merugikan jika dibawa dengan jumlah banyak. Untuk mengatasi hal ini, satu atau dua pasukan Giant dapat turunkan pertama untuk mengalihkan perhatian bangunan pertahanan di dekatnya. Wall Breaker kemudian dapat dipakai untuk menargetkan dinding pertahanan tanpa ditembaki.

War Base Type 34

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 34
Giant dan Wall Breaker dapat menjadi tim yang lebih efektif dalam serangan: Giant dapat mengalihkan perhatian agar Wall Breaker dapat masuk dengan mulus menghancurkan dinding, dengan strategi itu maka Giant dapat dengan mudah menembus masuk kedalam Base tanpa perlu berlama-lama memukul dinding dan menguras banyak hitpoint. Selain Giant, dia juga dapat membantu pasukan lainnya yang bergerak cukup lambat seperti Golem atau P.E.K.K.A.. Hampir setiap bangunan pertahanan dapat melenyapkan Wall Breaker hanya dengan sekali tembak seperti Mortar dan Wizard Tower. Setelah lapisan dinding bagian luar hancur, dia akan melanjutkan pada dinding bagian dalam. Anda dapat membatasi jumlah penggunaannya sebab kesehatannya yang terbilang rendah. Cukup menggunakannya dengan bijak dan dengan hati-hati. Wall Breaker memiliki percikan dengan kerusakan tinggi, ini membuat bangunan disekitarnya juga mengalamai kerusakan. Jika memungkinkan, anda dapat menggunakannya untuk membantu membuat kerusakan disekitar area base musuh. Menggunakan Spell Rage adalah cara yang baik untuk membantu Wall Breaker, sebab dengan bantuan Rage maka akan membuat dua kali kerusakan yang parah. Anda dapat membuat perbandingan, sebuah Wall Breaker level penuh ditambah dengan Spell Rage dapat menghancurkan dinging tingkat level 10.

War Base Type 35

Desain Base Pertahanan Terbaik Untuk Base War TH 10 Update Terbaru 35
Setiap Wall Breaker tidak dapat menghancurkan hanya satu buah dinding, dia memerlukan setidaknya 3 tinding, dan itu harus melindungi bangunan sepenuhnya atau sebagian untuk dapat menghancurkannya. Jangan khawatir bila menemukan susunan Base dengan 2 lapisan karena mereka efektif untuk dapat menahan percikan Bom Wall Breaker. Wall Breaker bukan pasukan yang cocok untuk pertahanan Clan Castle, karena mereka harus meledakkan diri mereka untuk menghancurkan pasukan lawan, mereka juga melakukan kerusakan sangat sedikit. Namun mereka dapat berguna jika dikelilingi pasukan musuh, sebab percikan ketika mereka meledak akan menimbulkan efek di sekitar area. Letakan bangunan yang kurang penting seperti Barak, Kolektor, Builder Hut dll berada diluar dinding adalah cara yang baik mencegah Wall Breaker musuh untuk meledakan dinding pertahanan anda, sebab mereka akan merasa kesulitan jika ditempatkan lebih jauh dari posisi dinding, ini bisa membuat Wall Breaker musuh dapat terbunuh sebelum meledakkan dinding base anda.

Update: Karena adanya update terbaru COC yang menambahkan unit defensif baru (Bomb Tower), kami telah melakukan re-desain yang dapat anda lihat disini.. desain pertahanan base TH 10 bersama Bomb Tower.

Itulah desain formasi pertahanan Base TH 10 terbaik dan terbaru COC yang dapat membantu anda mengamankan harta, piala maupun pertahanan dalam pertarungan War. Susunan desain akan selalu Update ketika ada pembaruan COC.

Previous
Next Post »